Heat Exhaustion, Risiko Olahraga Saat Siang Hari

Heat Exhaustion, Risiko Olahraga Saat Siang Hari

Heat Exhaustion, Risiko Olahraga Saat Siang Hari-Hello Sehat -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Heat exhaustion adalah suatu kondisi yang serius yang dapat terjadi ketika tubuh terpapar suhu tinggi dan kelembapan yang tinggi. Hal ini dapat terjadi baik karena paparan langsung terhadap panas atau karena melakukan aktivitas fisik berat di lingkungan yang panas dan lembab.

Ada dua jenis utama dari heat exhaustion yaitu kelelahan akibat kehilangan air meliputi kehausan yang berlebihan, kelemahan, sakit kepala, dan bahkan kehilangan kesadaran. Dan selanjutnya kelelahan akibat kehilangan garam meliputi mual dan muntah, kram otot, serta pusing.

Meskipun heat exhaustion tidak seburuk heat stroke, namun tidak boleh diabaikan begitu saja. Tanpa penanganan yang tepat, heat exhaustion dapat berkembang menjadi heat stroke yang jauh lebih serius.

Penting untuk diingat bahwa heat exhaustion dapat terjadi pada siapa pun, tidak peduli dengan usia mereka. Oleh karena itu, penting bagi semua orang untuk mengenali tanda-tanda heat exhaustion dan mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya, terutama selama periode cuaca panas yang ekstrem.

Penyebab Heat Exhaustion

Heat exhaustion merupakan kondisi serius yang dapat timbul ketika tubuh terpapar suhu tinggi dan kelembapan yang tinggi, terutama saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat di bawah teriknya matahari. Berikut beberapa penyebab terjadinya Heat Exhaustion

BACA JUGA:Sederet Manfaat Olahraga Sore Hari

BACA JUGA:Olahraga yang Cocok Dilakukan Sore Hari

1. Kurangnya Penguapan Keringat

Saat cuaca panas, tubuh secara alami mencoba mendinginkan diri dengan cara mengeluarkan keringat. Namun, saat berolahraga berat atau beraktivitas fisik intens di bawah sinar matahari yang menyengat, tubuh mungkin tidak dapat melakukan proses ini dengan efisien, menyebabkan penumpukan panas di dalam tubuh.

2. Merasakan Dehidrasi

Salah satu penyebab utama heat exhaustion adalah dehidrasi, yaitu kondisi di mana tubuh kehilangan terlalu banyak cairan. Dehidrasi mengganggu kemampuan tubuh untuk berkeringat secara efektif, sehingga menyulitkan proses pendinginan tubuh.

3. Mengkonsumsi Alkohol Berlebihan

Minum alkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko heat exhaustion. Alkohol dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur suhu tubuh dengan benar, sehingga meningkatkan risiko overheating saat berada di bawah sinar matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: