Cara Menjaga Kesehatan Sendi untuk Memudahkan Aktivitas Sehari-hari

Cara Menjaga Kesehatan Sendi untuk Memudahkan Aktivitas Sehari-hari

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sendi.-Fahma Ardiana-

 

Kebiasaan merokok merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan. Karena merokok tidak hanya meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, paru-paru, dan kanker, tetapi juga dapat memengaruhi kesehatan sendi Anda. Oleh karena itu, berhenti merokok merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan persendian dan seluruh tubuh.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan sendi tetap optimal. Pasalnya, kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan tekanan pada persendian, terutama sendi yang menahan beban seperti sendi lutut dan pergelangan kaki.

Hal ini sedikit melemahkan sendi dan menimbulkan masalah. Mempertahankan berat badan ideal mengurangi stres pada persendian Anda, membuatnya lebih fleksibel dan kuat.

BACA JUGA:Cara Untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang Harus Kamu Lakukan

BACA JUGA:Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

 

 

4. Perbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang buruk seperti sering membungkuk dapat lebih cepat merusak persendian dalam tubuh. Selain itu, kebiasaan seperti mengangkat beban berat dan melakukan gerakan berulang-ulang juga dapat merusak sendi seiring berjalannya waktu. 

Kebiasaan ini bisa menyebabkan nyeri punggung bagian bawah dan lutut. Oleh karena itu, jika merasa lelah setelah beraktivitas, biasakan duduk atau berdiri tegak untuk beristirahat.

5. Penuhi Kebutuhan Vitamin D dan Kalsium

Vitamin D dan kalsium merupakan dua nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dan sendi Anda. Kekurangan kedua nutrisi ini diketahui dapat menyebabkan osteoporosis.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh, Anda bisa berjemur di bawah sinar matahari pagi tepat jam 9 pagi atau mengonsumsi suplemen vitamin D secara rutin. Sementara itu, kebutuhan kalsium dapat Anda penuhi dengan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, keju, yogurt, dan kacang-kacangan, atau dengan mengonsumsi suplemen kalsium tambahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: