Cara Untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang Harus Kamu Lakukan

Cara Untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang Harus Kamu Lakukan

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung kamu.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Menurut situs Kementerian Kesehatan Indonesia, penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian utama di seluruh dunia dan masih menjadi ancaman bagi umat manusia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 17 juta orang di seluruh dunia meninggal karena penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, prevalensi penyakit jantung berdasarkan diagnosis medis di Indonesia sebesar 1,5%, dengan prevalensi tertinggi di Kalimantan Utara sebesar 2,2%.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Dibawah ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung yang harus kamu lakukan dikutip laman Kemenkes RI. Berikut uraiannya:

BACA JUGA:Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Harus Bekerja di Depan Komputer

1. Olahraga dengan Teratur

Olahragalah dengan teratur misalnya seperti olahraga melakukan gerakan senam atau sering berjalan kaki bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat dari melakukan olahraga dengan rutin adalah dapat mengendalikan berat badan yang akan berpengaruh untuk menjadikan jantung sehat.

2. Tidak Merokok

Kandungan zat-zat yang ada pada rokok sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kerusakan pada arteri paru-paru. Selain itu merokok dapat berakibat pada kurangnya suplai udara segar yang memiliki kandungan oksigen, sedangkan oksigen harus disebarkan ke seluruh tubuh oleh jantung.

BACA JUGA:Tips Alami Merawat Kesehatan Bibir Agar Tidak Pecah-Pecah

BACA JUGA:Aneka Manfaat dari Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

3. Sering Minum Teh Hijau

Kandungan kadar antioksidan yang tinggi dalam teh hijau ternyata memiliki fungsi dimana teh hijau ini dapat mencegah kerusakan pada pembuluh darah. Oleh karena itu, baik untuk kamu sering minum teh hijau dan usahakan tanpa menggunakan gula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: