Mengenal Lambang Kabupaten Banyumas yang Sarat Akan Makna

Mengenal Lambang Kabupaten Banyumas yang Sarat Akan Makna

Mengenal Lambang Kabupaten Banyumas yang Sarat Akan Makna-Pemkab Banyumas-

Nama "Daerah Kabupaten Banyumas" ditulis dalam huruf Latin berwarna kuning emas di atas dasar pita berwarna merah dengan pelisir kuning emas. Hal ini merupakan bagian penting dalam lambang, menegaskan identitas dan kebanggaan terhadap daerah itu sendiri.

10. Pengapit Lambang

Di sebelah kanan lambang, terdapat elemen pengapit yang memiliki makna yang dalam dan simbolis, melengkapi keseluruhan pesan yang ingin disampaikan dalam Lambang Kabupaten Banyumas.

11. Ranting Murbai

Ranting murbai dengan delapan tangkai berwarna hijau yang dipelisir kuning emas, berbuah delapan untai dengan kombinasi warna merah dan kuning emas, serta tangkainya berwarna kuning emas, menjadi representasi visual dari kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. 

BACA JUGA:Jamasan Benda Pusaka Museum Wayang Banyumas, Ada Mahasiswa yang Penasaran

BACA JUGA:Deskripsi Koleksi Museum Wayang Banyumas Belum Rampung

Perpaduan antara simbol padi murbai dan gada rujak polo mencerminkan harapan akan masa depan yang cerah, menuju masyarakat yang adil dan sejahtera yang diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa.

12. Simbol Angka

Elemen-elemen pada ranting murbai, yakni bulir padi tujuh belas biji, murbai berdaun delapan, garis gelombang empat buah, dan gada beruas lima, menggambarkan tanggal bersejarah, yaitu Hari Proklamasi Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Kombinasi angka-angka ini menjadi simbol penting yang menandai momen bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

13. Warna Lambang

Lambang adalah cermin dari identitas suatu daerah, dan warna yang terkandung di dalamnya memiliki makna yang dalam, merepresentasikan nilai-nilai dan karakteristik yang dijunjung tinggi oleh masyarakatnya.

- Hitam

Warna hitam yang hadir dalam lambang Kabupaten Banyumas melambangkan keabadian, keteguhan, kesetiaan, dan konsistensi. Warna ini menjadi simbol dari tekad yang abadi untuk mempertahankan nilai-nilai luhur yang dianut serta kesetiaan terhadap warisan budaya dan sejarah yang kaya.

BACA JUGA:Koleksi Terbaru Museum Wayang Banyumas dari Dua Dalang Legendaris Banyumas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: