Segarnya Bisnis Timun Suri, Buah Musiman yang Diburu Saat Ramadan

Segarnya Bisnis Timun Suri, Buah Musiman yang Diburu Saat Ramadan

Tugiran memanen timun suri di areal persawahan di Desa Selanegara, Jum'at (29/3/2024). Buah musiman yang diburu masyarakat ketika Ramadan.-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Salah satu buah yang selalu ada di bulan Ramadan adalah timun suri. Komoditas musiman yang diburu oleh masyarakat ketika momen puasa.

Pedagang buah asal Desa Selanegara Kecamatan Sumpiuh Tugiran menangkap peluang ekonomi dari timun suri. Dulu ketika Ramadan, kulakan buah bernama latin Cucumis sativus ke wilayah Jetis, Kabupaten Cilacap.

"Kalau kulakan terus, keuntungan tidak maksimal. Lalu, saya belajar bagaimana cara menanam timun suri," kisah Tugiran, Jumat (29/3/2024).

Kendala pertama yang dihadapi dalam menanam timun suri adalah lahan. Kondisi tanah di desanya berbeda dengan di Jetis. Namun, Tugiran tidak mengurungkan niatnya untuk mencoba.

BACA JUGA:Segarnya Es Timun Serut, Minuman Pelepas Dahaga yang Cocok untuk Buka Puasa!

BACA JUGA:Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh

Pada Ramadan 2024 ini merupakan tahun ke lima Tugiran menanam timun suri. Tanam sendiri hasilnya menjanjikan ketimbang kulakan. Meskipun tidak lepas dari kendala.

"Kalau tahun ini kendalanya tanaman timun suri tidak tumbuh semua, ada beberapa yang mati karena pengaruh cuaca ekstrem," beber Tugiran.

Sekali panen rata-rata memperoleh lima boks buah kayu.  Tugiran menanam di tiga lokasi berbeda. Ada sekira 600 batang tanaman timun suri di satu lokasi.

Satu batang tanaman timun suri bisa menghasilkan hingga tujuh buah. Dengan demikian, tingkat produktivitasnya terbilang tinggi sehingga menguntungkan.

"Timun suri hanya laku di bulan puasa. Jadi, tanamnya diperhitungkan saat hari pertama Ramadan sudah bisa panen dan dalam waktu sebulan buah juga habis dipanen," terang Tugiran.

Timun suri dipasarkan di wilayah timur Banyumas yaitu Tambak, Sumpiuh dan Kemranjen. Di bulan Ramadan, masyarakat membeli timun suri yang dikenal segar untuk olahan aneka macam es. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: