Mts Sains Karimiyya Kebasen Sukses Gelar Acara Skala Nasional Bertajuk Karimiyya Science Festival 2024

Mts Sains Karimiyya Kebasen Sukses Gelar Acara Skala Nasional Bertajuk Karimiyya Science Festival 2024

Salah satu tim juri tampak sedang memberikan penilaian terhadap karya sains terapan salah satu peserta.-Humas MTs Sains Karimiyya untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Meski baru seumur jagung, MTs Sains Karimiyya Ponpes Darul Ihsan Kebasen sukses menggelar acara yang dilabeli dengan "Karimiyya Science Festival 2024". Festival yang meliputi 3 perlombaan berskala nasional itu berhasil menyerap animo peserta baik dari 2 Kabupaten bertangga Cilacap - Banyumas bahkan dari luar daerah, Kamis 29 Februari 2024 lalu.

Festival tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan kecintaan siswa terhadap ilmu, khususnya sains dan literasi yang dikemas melalui beberapa cabang lomba, yaitu Lomba Puisi dengan tema "Kami Palestina", Lomba Karya Sains Terapan, dan Lomba Cerdas Cermat.

"Untuk lomba LCC dan Lomba Karya Sains terapan untuk daerah sekitar Banyumas - Cilacap sedangkan Lomba Puisi skalanya Nasional, ini untuk anak SD atau MI," kata Kepala MTs Sains Karimiyya, Hulyatun Maskunah.

Bahkan, Hulyatun menegaskan khusus untuk lomba karya sains terapan bagi anak usia SD atau MI merupakan yang pertama kali digelar di wilayah regional Banyumas - Cilacap.

"Pada awalnya banyak yang meragukan kenapa buat lomba se serius itu untuk anak usia SD/MI namun kenyataannya animo peserta sangat di luar dugaan," lanjutnya.

Selain itu, Ia menyampaikan bahwa kegiatan Karimiyya Science Festival bertujuan untuk membumikan sains yang selama ini dianggap sulit, menakutkan, dan eksklusif bagi siswa, khususnya siswa SD/MI.

"MTs Sains Karimiyya berkomitmen menjadikan Karimiyya Science Festival sebagai agenda tahunan, apalagi setelah melihat animo masyarakat yang besar," terangnya.

Ketua Panitia Kegiatan Reza Septiani menambahkan, secara keseluruhan peserta lomba untuk 3 jenis perlombaan tersebut sebanyak 150 orang. 

"Hanya 5 tim yang berhasil lolos ke babak grand final dan menyampaikan hasil karyanya serta melalui sesi tanya jawab dengan dewan juri. Untuk dewan juri juga dari UNSOED Purwokerto. Sementara itu, di cabang lomba cerdas cermat berhasil menyaring 5 besar yang bertanding di babak grand final," katanya.

Berikut daftar pemenang untuk Karimiyya Science Festival : 

Juara 1 Kiara Luhur Annafi, MI Negeri 1 Cilacap, Juara 2 Maharani Puspangilma, SD Negeri Legok sedangkan Juara 3 Brilian Izzrafa Ahza Alkahsyi, MI Ma'arif Nu Kalisalak

Kemudian Juara 1 LCC Raka Dwi Priyatno SD Karangpucung 01, Juara 2 LCC Zaskia Nur Baeti MI Ma'arif NU Randegan

Juara 3 LCC Kurnia Anisatuz Zahidah, MI Ma'arif NU 1 Kaliwedi.

Sedangkan untuk 5 besar Karya Sains Terapan Rasya Arif Pratama / Tiara Aprilia SD N 02 Binangun,  Belva Marsya Niswah/ Nisrina MIN 3 Banyumas, Maya Nur Ahlia/ Naila Nur Nafisah MIN 2 Kaliwedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: