Deskripsi Koleksi Museum Wayang Banyumas Belum Rampung

Deskripsi Koleksi Museum Wayang Banyumas Belum Rampung

Mahasiswi asal Amerika antusias melihat koleksi Museum Wayang Banyumas, Senin (1/5) lalu. Dinporabudpar Kabupaten Banyumas saat ini sedang menyusun deskripsi koleksi. -FIJRI/RADARMAS-

BANYUMAS-Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten BANYUMAS masih melakukan penyusunan deskripsi untuk koleksi Museum Wayang BANYUMAS.

"Deskripsi koleksi Museum Wayang Banyumas belum selesai dikerjakan," Sub Koordinator Purbakala dan Permuseuman Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Arif Rachman.

Museum Wayang Banyumas disebut Arif masih membutuhkan banyak pembaruan. Sebab, museum bukan tempat memajang semua koleksi yang dimiliki.

BACA JUGA: Tradisi Sedekah Bumi, Warga di Pekuncen Banyumas Perang Lempar Makanan

Museum sebagai sarana edukasi memerlukan kajian dalam penataan koleksi. Sehingga, antara pemandu dan pengunjung tidak bingung ketika mengeksplorasi koleksi.

"Bisa dilihat perkembangan penataan museum dari yang sebelumnya penataan koleksi loncat-loncat, saat ini sudah mulai terarah," imbuh Arif.

Penambahan deskripsi nantinya dapat memudahkan pengunjung dalam memahami koleksi yang tersaji di Museum Wayang Banyumas. Dalam penyusunan deskripsi tidak sembarangan, melainkan hasil dari kajian.

BACA JUGA: Pekunden Gandeng Desa di Kecamatan Banyumas untuk Kembangkan Wisata

Pengunjung supaya bersabar untuk menikmati suguhan lengkap koleksi Museum Wayang Banyumas beserta deskripsinya.

Koleksi anyar yang dipajang di Museum Wayang Banyumas adalah properti dalang kondang dan wayang gagrak Banyumasan. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: