Sebelum Lebaran, Ruas Kemranjen-Sibalung Ditarget Bisa Dilewati

Sebelum Lebaran, Ruas Kemranjen-Sibalung Ditarget Bisa Dilewati

Gelaran hotmix lapis pertama di jalan kabupaten ruas Kemranjen-Sibalung, Selasa (5/3/2024) sore menjelang magrib. Ditargetkan sebelum lebaran beres sehingga bisa dilewati masyarakat. -Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID -Jalan kabupaten ruas Kemranjen-Sibalung, Kecamatan Kemranjen yang mengalami kerusakan digelontor anggaran senilai sekira Rp 9,4 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2024. 

Subkoordinator Pembangunan Jalan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas Rusli Kurnia menyampaikan pekerjaan ruas Kemranjen-Sibalung dari DAK merupakan long segmen yaitu penanganan penuh satu ruas jalan.

"Target sebelum lebaran sudah beres pengaspalan lapis pertama sepanjang 3,4 kilometer. Sehingga, lebaran nanti sudah bisa dilewati oleh masyarakat," jelas Rusli.

Agar mencapai target, penyedia jasa dari CV Duta Cahaya Mandiri melakukan berbagai metode untuk efektivitas pekerjaan. Mengingat kerap masih turun hujan yang berpotensi menjadi kendala.

BACA JUGA:Ruas Jalan Alternatif Purbalingga-Banjarnegara Rusak

BACA JUGA:Terdampak Longsor, Ruas Jalan Kabupaten di Binangun Banyumas Terancam Ambruk

Salah satu upaya untuk mencapai target yakni dilakukan pengaspalan lapis pertama secara bertahap. Pekerjaan gelaran hotmix 1,8 kilometer sudah dimulai pada Selasa sampai Kamis (5-7/3/2024). Selama tiga hari ini, jalan kabupaten ruas Kemranjen-Sibalung sementara waktu ditutup dan arus lalu lintas dialihkan.

Dengan adanya DAK, selain pengaspalan terdapat pekerjaan bangunan pelengkap di ruas Kemranjen-Sibalung yang belum tergarap di tahun anggaran 2023 lalu. Diantaranya, drainase, talud, perkerasan bahu jalan dengan cor, marka dan zebra cross.

"Pengaspalan lapis ke dua agendanya dilakukan setelah lebaran," imbuh Rusli di lokasi.

Rusli mencatat jalan kabupaten ruas Kemranjen-Sibalung terakhir dibangun pada 2013 silam. Sehingga, dari estimasi waktu sudah saatnya memperoleh pembangunan dan peningkatan jalan.

BACA JUGA:DLH Bakal Tanami Tabebuya Pink dan Putih di Sepanjang Ruas Jalan Ovis Purwokerto

BACA JUGA:Tanah Longsor di Sidareja, Ruas Jalan Kabupaten Tertutup

Jalan kelas tiga ini membelah empat desa di wilayah Kecamatan Kemranjen yaitu Karangjati, Kecila, Nusamangir dan Sibalung. Jalan sebagai jalur pendidikan, ekonomi dan wisata.

Jalan kabupaten ruas Kemranjen-Sibalung juga merupakan akses penghubung antar kabupaten, Banyumas dan Cilacap. Total panjang pekerjaan dari DAK 2024 ini mencapai 4,166 kilometer hingga perbatasan di Desa Danasri, Cilacap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: