Cara Mudah Untuk Ajarkan Bahasa Inggris pada Anak SD

Cara Mudah Untuk Ajarkan Bahasa Inggris pada Anak SD

Cara mengajarkan bahasa Inggris yang mudah dan menyenangkan untuk anak SD.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Saat ini, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, bahasa Inggris telah menjadi bahasa asing yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Apalagi bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan di seluruh dunia sebagai alat komunikasi.

Faktanya, ada beberapa negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertamanya. Tidak ada lagi alasan untuk menunda pelajaran sejak dini agar kelak anak bisa menyusul anak-anak seusianya.

Saat ini terdapat banyak cara efektif mengajar bahasa Inggris kepada siswa sekolah dasar yang dapat dipraktikkan di rumah, mulai dari pelajaran di sekolah, les privat hingga film, lagu, dan banyak metode lainnya. Kendala yang dihadapi para ibu saat anaknya belajar bahasa Inggris adalah anak mudah bosan saat belajar, mudah teralihkan oleh hal lain, dan sulit berkonsentrasi saat belajar.

BACA JUGA:Cara Mudah Belajar Untuk Persiapan TOEFL Sendiri di Rumah

BACA JUGA:Pendidikan di Rumah Tak Kalah Penting dari Pendidikan di Sekolah

Cara efektif mengajar bahasa Inggris pada siswa SD

Saat mengajar bahasa Inggris kepada anak, jangan berkecil hati jika kemampuan bahasa Inggris Anda belum sempurna. Sebab semangat seorang ibu jauh lebih penting dalam memotivasi anaknya agar lebih semangat belajar.

1. Membuat Rutinitas

Misalnya membuat jadwal belajar bahasa Inggris selama 30 menit sampai satu jam setiap hari sepulang sekolah atau sebelum tidur. Rencana belajar ini dapat mencakup berbagai kegiatan, mulai dari membaca buku bergambar dengan suara keras hingga menonton film dan program bahasa Inggris.

2. Hari istimewa untuk berbicara bahasa Inggris

Para ibu juga dapat mengatur hari istimewa dimana seluruh anggota keluarga di rumah harus sebisa mungkin berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Lakukan ini berulang kali untuk membangun keinginan dan kepercayaan diri anak untuk berbicara sendiri.

BACA JUGA:Pentingnya Menerapkan Pendidikan Moral di Sekolah

BACA JUGA:Manfaat Serta Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

3. Belajar Sambil Bermain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: