Manfaat Serta Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Manfaat Serta Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Beberapa manfaat dan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Pendidikan Anak Usia Dini atau yang biasa kita sebut PAUD memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang anak. Kemendikbud RI pun turut serta memperhatikan urgensi dari sekolah PAUD.

Dikutip dari laman resmi kemendikud, PAUD dianggap memiliki nilai kontribusi besar terhadap tumbuh kembang anak. Karena, pada rentang waktu 0 sampai 6 tahun, anak mengalami peningkatan pertumbuhan fisik dan juga fungsi otak, dimana masa ini dikenal juga sebagai "golden age".

Dikutip dari kemendikbud.go.id., seorang sumber mengungkapkan bahwa di masa inilah sel-sel otak anak sedang berkembang sangat cepat mencapai 80 persen, sehingga anak mampu menerima dan menyerap informasi dengan cepat. Hal tersebut berarti bahwa anak diusia 0 sampai 6 tahun membutuhkan stimulan berkualitas yang berguna untuk menunjang masa depannya.

Stimulan atau rangsangan sedari dini tersebut lah yang bisa menentukan pembentukan karakter, kecerdasan, maupun fisik yang baikbagi anak. Itulah mengapa diperlukan Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD sebagai wadah pembelajaran untuk anak.

BACA JUGA:Pendidikan di Rumah Tak Kalah Penting dari Pendidikan di Sekolah

BACA JUGA:Beberapa Cara Untuk Mendidik Anak yang Tunarungu

Manfaat PAUD

Masih mengutip dari laman kemendikbud.go.id, manfaat yang dapat dirasakan anak ketika mengikuti Pendidikan Aanak Usia Dini adalah :

1. Mampu melatih penyesuaian sebelum masuk ke sekolah lanjutan (SD, SMP, SMA).

2. Mampu melatih keterampilan mengelola emosional.

3. Mampu melatih kemampuan kognitif.

4. Mampu meningkatkan keterampilan bersosialiasi.

BACA JUGA:Tips Mengurangi Screen Time Pada Anak

BACA JUGA:Tips agar Anak Tidak Mengalami Speech Delay alias Terlambat Bicara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: