Pentingnya Menerapkan Pendidikan Moral di Sekolah

Pentingnya Menerapkan Pendidikan Moral di Sekolah

Pentingnya pendidikan moral di sekolah.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Pendidikan moral harus sungguh-sungguh dilaksanakan guna melahirkan generasi muda yang berkualitas dan sumber daya manusia masa depan yang dapat menjalani kehidupan dengan mengedepankan moralitas. Namun, perlu diketahui bahwa orang tua merupakan aktor utama dalam membesarkan anak.

Bahkan di sekolah, guru sebagai wali siswanya mempunyai tugas dan peranan yang besar dalam mewujudkan pendidikan moral siswanya. Sekolah merupakan lingkungan mikrosistem, yaitu pola aktivitas, peran, dan hubungan interpersonal yang dialami oleh manusia tumbuh dan berkembang dalam lingkungan tertentu dengan ciri fisik tertentu.

Sekolah sebagai mikrosistem yang diperkirakan mempunyai pengaruh yang besar dan terlihat secara langsung terhadap siswa. Seperti yang telah kita lihat dan amati, banyak orang tua, khususnya saat ini, yang mempunyai ekspektasi tinggi terhadap sekolah untuk menghasilkan anak yang cerdas dan unggul secara moral.

Sekolah yang baik penting untuk memberikan pengaruh positif pada anak-anak. Dalam pendidikan sekolah, tidak dapat dipungkiri bahwa guru merupakan pelaku utama dalam pendidikan sekolah.

BACA JUGA:Pendidikan di Rumah Tak Kalah Penting dari Pendidikan di Sekolah

BACA JUGA:Peran Pendidikan Dalam Keluarga, Untuk Membentuk Karakter Anak!

Perlu kita sadari dan pahami bahwa pendidikan moral di sekolah tidak hanya terfokus pada guru yang berperan sebagai pendidikan moral. Sekolah mempunyai staf (staf administrasi), tukang kebun, dan juga komite sekolah, dimana semuanya harus secara bersama-sama meningkatkan semangat siswa dan membantu siswa menjadi orang yang lebih baik. 

Pendidikan moral pada mulanya dapat dilaksanakan melalui mata pelajaran dan bahan ajar seperti pendidikan agama, namun karena pendidikan agama tidak hanya menyampaikan akhlak manusia tetapi juga mempertebal keimanan.

Maka besar pengaruhnya terhadap pendidikan akhlak peserta didik. Ini sangat relevan karena apabila seseorang mempunyai tingkat keimanan yang cukup, maka akhlaknya juga akan sangat baik.

Pendidikan moral siswa, seperti kebersihan diri, ketekunan belajar, ketekunan, disiplin, dan lain-lain, yang sangat penting pada waktu itu, merupakan bagian mendasar dari pendidikan moral siswa.

BACA JUGA:Inilah Metode Pembelajaran Untuk Pendidikan yang Lebih Menyenangkan

BACA JUGA:Faktor-Faktor Pendidikan Rendah di Suatu Negara

Pendidikan moral yang diberikan, diajarkan dan ditularkan kepada peserta didik dalam rangka mempersiapkan mereka hidup dalam lingkungan yang manusiawi meliputi nilai-nilai sosial dan moral seperti kerjasama, toleransi, menghargai, adil, jujur, rendah hati, tanggung jawab dan kasih sayang.

Pendidikan moral dalam hubungan manusia dengan alam. Pendidikan akhlak diarahkan tidak hanya kepada sesama makhluk tetapi juga kepada lingkungan alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: