Pendidikan di Rumah Tak Kalah Penting dari Pendidikan di Sekolah

Pendidikan di Rumah Tak Kalah Penting dari Pendidikan di Sekolah

Pentingnya pendidikan dirumah untuk anak-anak.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Keluarga adalah lingkungan yang pertama sekali ditemui oleh anak dalam kehidupannya. Itulah mengapa lingkungan keluarga memiliki peran penting dalam rangka memberikan dasar-dasar pendidikan yang nantinya akan menentukan pertumbuhan dan perkembangan pada masa yang akan datang. 

Maka dapat dikatakan bahwa pendidikan di rumah tidak kalah penting dari pendidikan di sekolah. Rumah adalah sekola yang sebagaimana fungsinya merupakan tempat pendidikan awal bagi anak sebelum mereka menuju ke sekolah formal dengan orang tua sebagai guru sebenarnya bagi sang anak. 

Pendidikan keluarga tentu saja sangat di butuhkan, terutama dalam hal pembentukan akhlak, pembentukan karakter, pembentukan moral, dan juga mental. Hubungan interaksi anak dan orang tua merupakan sebuah proses dari berlangsungnya pendidikan non formal. 

Perlakuan orang tua terhadap anak-anaknya sangat bisa mempengaruhi pembentukan kepribadian dan juga kecerdasan anak. Bagaimanapun juga keluarga adalah lembaga pendidikan terkecil dari tempat sebuah kehidupan dimulai. 

BACA JUGA:Tips agar Anak Tidak Mengalami Speech Delay alias Terlambat Bicara

BACA JUGA:Tips Menentukan Uang Jajan Anak Sekolah

Pendidikan dalam keluarga merupakan suatu proses pemindahan dan pembentukan kehidupan yang ada dalam diri orang tua. Keluarga memberikan pembelajaran tentang nilai-nilai yang amendalam dan sering kali lebih tepat dari yang di sadari mereka, walaupun pengajaran keluarga berlaku tidak resmi.

Pengertian pendidikan keluarga menurut pendapat ahli yaitu Abdullah (2003 : 232) yaitu segala usaha oleh orang tua berupa pembiasaan dan improvisasi untuk membantu perkembangan pribadi sang anak. Bapak pendidikan Ki Hajar Dewantara pun mengatakan bahwa alam keluarga bagi setiap anak adalah alam permulaan pendidikan. 

Keluarga juga merupakan tempat mendidik anak agar pandai, memiliki pengalaman, memiliki pengetahuan, dan juga berperilaku baik. Pada saat ini sering sekali dijumpai anak-anak usia dini yang dalam berbicara menggunakan kata-kata tidak sepantasnya. 

Di usia yang masih belia, mereka sudah pandai mengumpat dengan kata kasar merupakan salah satu bukti dari pentingnya pendidikan di rumah yang diajarkan oleh orang tua. Perilaku orang tua menjadi cerminan bagi sang anak, karena anak adalah peniru ulung. 

BACA JUGA:Tips Mengurangi Screen Time Pada Anak

BACA JUGA:Tips Mengajari Anak Mandiri Sejak Dini

Anak-anak cenderung meniru setiap hal yang ia lihat dan mengikuti setiap perintah yang diajarkan oleh orang tuanya. Disamping itu lingkungan juga sangat mempengaruhi.

Pendidikan di rumah sangat penting sebagai usaha yang dilakukan dan bertujuan untuk memudahkan penanaman nilai  spritual dan etika kepada anak. Keluarga menjadi jenjang pertama dalam memulai proses pendidikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: