Pemanasan yang Wajib Dilakukan Sebelum Melakukan Olahraga Lari

Pemanasan yang Wajib Dilakukan Sebelum Melakukan Olahraga Lari

Pemanasan yang Wajib Dilakukan Sebelum Melakukan Olahraga Lari-Hello Sehat -

BACA JUGA:Gerakan Olahraga Ini Aman dan Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Bayangkan sedang berusaha menyentuhkan tangan kiri ke jari kaki kanan. Kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan, tetapi kali ini dengan kaki kiri dan tangan kanan, menjaga sudut dan gerakan yang sama. Ulangi gerakan ini secara bergantian antara kaki kanan dengan tangan kiri, dan kaki kiri dengan tangan kanan, beberapa kali.

Gerakan Jalan Tentara membantu meregangkan otot-otot utama tubuh, termasuk punggung, bahu, pinggul, dan kaki. Hal ini membantu meningkatkan fleksibilitas serta mobilitas tubuh secara keseluruhan, yang sangat diperlukan saat melakukan olahraga lari dengan gerakan tubuh yang kompleks.

Lakukan gerakan Jalan Tentara ini selama 30 detik hingga 1 menit sebagai bagian dari pemanasan sebelum berlari. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang untuk mempersiapkan tubuh secara menyeluruh sebelum memulai sesi lari.

6. Hip Opener Sebelum Berlari

Gerakan Hip Opener merupakan peregangan yang sangat bermanfaat untuk memaksimalkan kelenturan otot paha, memperluas cakupan geraknya, dan mempersiapkannya untuk aktivitas lari yang melibatkan gerakan kaki yang luas.

Mulailah dengan berdiri tegak, lalu tekuk lutut kanan dan angkat setinggi pinggul dengan kedua tangan memeluk lutut tersebut, pastikan punggung tetap tegak. Dengan lembut, arahkan lutut kanan yang sudah terangkat ke samping kanan sebanyak 90 derajat. Kembalikan perlahan-lahan lutut ke arah depan, turunkan kaki ke posisi semula. Lakukan gerakan yang sama bergantian dengan kaki kiri.

BACA JUGA:Referensi Tips Olahraga Seru Bersama Keluarga di Akhir Pekan

BACA JUGA:5 Olahraga Paling Berbahaya Di Dunia, Ada yang Telan Ratusan Korban

Gerakan Hip Opener membantu membuka pinggul dan meregangkan otot-otot paha. Hal ini tidak hanya meningkatkan kelenturan otot paha, tetapi juga memperluas cakupan geraknya. Sebagai persiapan sebelum berlari, gerakan ini mempersiapkan otot-otot tersebut untuk bergerak dengan lebih luas dan efisien.

Lakukan gerakan Hip Opener ini secara bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri, masing-masing selama 30 detik hingga 1 menit sebagai bagian dari pemanasan sebelum berlari. Hal ini akan membantu mempersiapkan otot-otot paha dengan optimal sebelum masuk ke dalam sesi lari yang lebih intens.

7. Floor Sweeps

Gerakan Floor Sweeps merupakan peregangan yang fokus pada fleksibilitas tubuh, khususnya pada bagian pinggul, punggung, dan otot-otot paha. Gerakan ini membantu dalam mempersiapkan tubuh untuk gerakan lari yang melibatkan rentang gerak tubuh yang luas.

Mulailah dengan berdiri tegak, tempatkan salah satu kaki di depan tubuh dengan bertumpu pada tumit, sementara ujung jari kaki menghadap ke atas. Kemudian, bungkukkan badan seakan-akan ingin menyapu lantai dengan tanganmu, menjaga kaki yang di depan tetap dalam posisi stabil. Lakukan gerakan ini sambil berjalan ke depan, bergantian antara kedua kaki.

BACA JUGA:Tips Mengecilkan Perut Buncit Pria, Bisa Tanpa Olahraga Berat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: