Tahun Depan, KBP SMP di Banyumas Dialokasikan Rp 1 Miliar

Tahun Depan, KBP SMP di Banyumas Dialokasikan Rp 1 Miliar

JFT Widya Prada Purnomo Hesti. -AAM/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Alokasi anggaran untuk program Kartu Banyumas Pintar (KBP) jenjang pendidikan SMP,  tahun depan dipastikan turun dibandingkan dengan tahun ini. Tahun depan KBP SMP dianggarkan Rp 1 miliar, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. 

"Turun sekitar 400 juta, dibandingkan tahun ini KBP SMP itu Rp 1,4 miliar," kata Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas Joko Wiyono melalui Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Widya Prada Purnomo Hesti. 

Ia menuturkan, untuk tahun depan setiap sekolah diberi kuota sebanyak 7 anak untuk bisa menerima KBP. Sedangkan untuk tahun ini, setiap sekolah dijatah 8 anak untuk penerima KBP. 

BACA JUGA:Target PBB di Banyumas Tahun Depan Naik 12,8 Persen

"Jumlah penerima KBP tahun depan itu 7 anak dikali 166 sekolah SMP baik negeri dan swasta," ujarnya. 

Lanjut, untuk pencairan KBP SMP tahun depan akan dilakukan di akhir tahun. Terkait dengan nominal KBP yang diterima ia sebut, belum ada perubahan masih Rp 800 ribu setiap tahun. 

"Untuk usulan kenaikkan nominal KBP belum kita lakukan, tetapi jika keuangan daerah memungkinkan akan kita usulkan," jelasnya. 

BACA JUGA:Harga Pertamax Series dan Dex Series Turun di Bulan Desember

Terkait syarat untuk bisa menerima KBP ia sebut,  belum ada perubahan. Penerima KBP mesti tidak terdaftar dalam penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). 

"Dan menyertakan surat keterangan tidak mampu," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: