Ketua DPRD Banyumas Minta Optimalisasi Fasilitas Sektor Pariwisata

Ketua DPRD Banyumas Minta Optimalisasi Fasilitas Sektor Pariwisata

Ketua DPRD Kabupaten Banyumas dr. Budhi Setiawan-AAM/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Ketua DPRD Kabupaten Banyumas dr. Budhi Setiawan meminta, pengelolaan pariwisata bisa meniru apa yang dilakukan oleh Pemkab Sleman. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan seluruh fasilitas penunjang pariwisata yang ada. 

"Kabupaten Banyumas harus memanfaatkan fasilitas yang ada. Jadi, orang-orang boleh saja berkegiatan di luar tapi membelanjakan uangnya di Purwokerto," kata dia. 

Pihaknya beberapa waktu lalu baru saja melakukan studi komparatif ke Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Menurutnya Sleman dan Kabupaten Banyumas punya beberapa kemiripan. Sleman dikelilingi oleh beberapa daerah tetangga seperti Kulon Progo dan Gunung Kidul. Dan didukung dengan Yogyakarta dengan segudang fasilitasnya. Itu tidak jauh berbeda dengan Kabupaten Banyumas.  

BACA JUGA:Lomba Layang-Layang Paguyuban Klawing Brecek Meriah

"Kita (Kabupaten Banyumas) harus menyiapkan apa yang dibutuhkan, dan dicari oleh para wisatawan," terangnya. 

Apa yang saat ini diraih oleh Kabupaten Sleman tentu tidak hadir dari ruang hampa. Perlu waktu yang panjang dan kolaborasi apik dengan seluruh pihak terkait. 

Terpisah, Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Wardoyo menuturkan, soal studi komparatif yang dilakukan pihaknya banyak belajar mengenai pengelolaan pariwisata yang lebih baik lagi.

BACA JUGA:Gagas Pembentukan Cabang Khusus PGRI Kemenag Banyumas

"Terlebih soal peningkatan promosi dan juga pengoptimalan potensi wisata," tuturnya. 

Soal itu, pihaknya sudah siapkan formulasi khusus. Saat ini pihaknya tengah menggagas dibentuknya badan promosi, sebagai upaya peningkatan promosi wisata.

"Tahun ini Insha Allah Perbupnya selesai. Nanti akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata dan akademisi," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: