Okupansi Hotel Semakin Meningkat, Cilacap Butuh Event Besar

Okupansi Hotel Semakin Meningkat, Cilacap Butuh Event Besar

Suasana Jalan S Parman Cilacap, terdapat hotel berbintang di ruas jalan ini. -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bisnis perhotelan di Kabupaten CILACAP diyakini akan semakin gemilang di tahun ini. Terlihat dari tingkat hunian kamar hotel atau okupansi yang dinilai meningkat di tahun 2024. 

Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cilacap, Amin Suwito, persentase okupansi hotel berbintang di Kabupaten Cilacap saat ini di atas 60 persen. 

"Situasi perhotelan di Cilacap saat ini, khususnya di okupansi sudah mulai normal. Setelah diterjang pandemi Covid, berangsur normal dan kita kebetulan ada lebaran kemarin. Mungkin lebaran tahun ini hotel merasakan, karena hampir semua hotel terisi," kata dia.

Meski demikian, pihaknya mendorong Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) lebih sering mengadakan event untuk menarik wisatawan dan menumbuhkan geliat Pariwisata di Cilacap. 

BACA JUGA:Tim Labfor Polda Jateng Diturunkan Untuk Pengembangan Penyelidikan Kebakaran Kapal di Dermaga 3 PPSC

BACA JUGA:Polisi Periksa 8 Orang Saksi Terkait Kebakaran 4 Kapal di Dermaga 3 PPS Cilacap

"Cilacap sangat butuh event untuk memantik, karena dari dulu Cilacap kekurangan event. Kebetulan menjelang Mei ini ada event olahraga, Juni ada Hiu Selatan. Event-event lain menyusul," katanya.

Dikatakan Amin, Kabupaten Cilacap saat ini  terkenalnya sebagai kota industri. Namun jika hanya hanya mengandalkan industri, tidak dapat mendorong okupansi perhotelan agar semakin meningkat. 

"Kalender event pemerintah berkurang sejak refocusing. Akibatnya sampai 2024 belum ada kegiatan yang signifikan. Mungkin nanti tahun 2025 kedepan anggaran mulai normal kita bisa dorong untuk adanya event yang bisa dilaksanakan di Cilacap," kata Amin. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: