PENTING! Tips Merawat Kiprok Agar Motor Matic Tetap Prima, Berkendara Aman dan Nyaman

PENTING! Tips Merawat Kiprok Agar Motor Matic Tetap Prima, Berkendara Aman dan Nyaman

PENTING! Tips Merawat Kiprok Agar Motor Matic Tetap Prima, Berkendara Aman dan Nyaman-Shopee-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tips merawat kiprok agar motor matic tetap prima akan sangat berguna, untuk menjaga performa kelistrikan dan mencegah kerusakan pada komponen lain. Hal ini dapat membantu Anda berkendara dengan lebih aman dan nyaman.

Sebagai seorang mekanik saya sudah sering melihat berbagai kerusakan pada motor matic, salah satu yang paling sering adalah masalah pada kiprok. Si mungil ini memang sering kali luput dari perhatian, tapi perannya dalam menjaga kesehatan kelistrikan motor matic sangatlah penting.

Beberapa waktu lalu ada seorang pelanggan yang datang ke bengkel saya, dengan keluhan lampu motornya yang redup. Setelah diperiksa ternyata kiproknya sudah rusak, sehingga membuat aki cepat soak dan motor matic sulit dihidupkan.

Pengalaman ini membuat saya teringat kembali, tentang pentingnya kiprok bagi motor matic. Sehingga saya ingin berbagi, tips merawat kiprok agar motor matic tetap prima.

BACA JUGA:Cara Mengecas Motor Listrik di SPKLU PLN: Cabut Sebelum Selesai, Dana Langsung Dikembalikan

BACA JUGA:Memukau! ini Spesifikasi Motor Listrik Smoot Desultan yang Dikabarkan Akan Launching Pertengahan Tahun 2024



Kiprok meski berukuran mungil dan tersembunyi di balik bodi motor matic, memegang peranan vital dalam menjaga kesehatan kelistrikan. Fungsinya sebagai penyearah arus bolak-balik (AC) dari alternator, menjadi arus searah (DC) sangatlah krusial.

Arus DC inilah yang digunakan untuk mengisi aki dan memberi daya, pada komponen kelistrikan lainnya seperti lampu, starter elektrik, dan sistem pengapian. Tanpa kiprok yang berfungsi dengan baik, seluruh sistem kelistrikan motor matic Anda bisa terganggu.

Merawat kiprok dengan baik dapat membantu memperpanjang usia pakainya dan mencegah kerusakan, pada sistem kelistrikan yang bisa merepotkan dan menguras isi dompet.  Berikut beberapa tips tips merawat kiprok agar motor matic tetap prima, yang dapat Anda terapkan:

1. Deteksi Dini

Layaknya pepatah "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit" kerusakan kecil pada kiprok, yang didiamkan bisa menjadi masalah besar di kemudian hari. Lakukan pemeriksaan berkala pada kiprok, untuk memastikan kondisinya baik.

BACA JUGA:Cara Mengecas Handphone di Motor Listrik, Jangan Asal Tancap!

BACA JUGA:Ada 2 Jenis Mesin, Begini Cara Menukar Baterai Motor Listrik di Swap Poin yang Benar 

Perhatikan apakah ada tanda-tanda kerusakan fisik seperti keretakan pada bodi kiprok, goresan akibat benturan, atau perubahan warna yang tidak wajar. Periksa juga kabel-kabel yang terhubung ke kiprok, untuk memastikan tidak ada yang putus, terkelupas, atau mengalami konsleting.  

Deteksi dini kerusakan fisik pada kiprok dan kabel-kabelnya, dapat mencegah masalah yang lebih serius pada sistem kelistrikan.

2. Beban Listrik Wajar

Sistem kelistrikan motor matic Anda dirancang untuk menangani beban tertentu, sehingga hindari pemasangan aksesoris kelistrikan secara berlebihan. Beban berlebih dapat menyebabkan kiprok bekerja lebih keras dari semestinya.  

Semakin keras kiprok bekerja, semakin cepat pula kemampuannya menurun dan berisiko rusak. Pastikan aksesoris yang Anda pasang tidak melebihi batas daya, yang dapat ditampung oleh kelistrikan motor matic Anda.  

BACA JUGA:Perhatikan! Berikut 3 Hal yang Dapat Merusak Baterai Kendaraan Motor Listrik

BACA JUGA:Sering Dikira Mirip, Begini Perbedaan Bearing Motor Listrik dengan Motor Biasa

Jika Anda ragu-ragu tentang kompatibilitas aksesoris tertentu, berkonsultasilah dengan bengkel resmi atau mekanik terpercaya.

3. Kebersihan adalah Kunci

Kiprok yang kotor dan berdebu dapat menyebabkan panas berlebih.  Seperti halnya peralatan elektronik lainnya, panas yang berlebihan adalah musuh utama kiprok.  

Bersihkan kiprok secara berkala menggunakan kain lap kering atau sikat gigi lembut, hindari menyemprotkan air atau cairan pembersih langsung pada kiprok. Selain berisiko menyebabkan korsleting, air yang mengering di dalam kiprok justru bisa memperparah masalah.

4. Aki Sehat

Aki yang tidak berfungsi dengan baik dapat mempengaruhi kinerja kiprok, gunakan aki yang sesuai dengan spesifikasi motor matic Anda. Pastikan aki motor matic selalu dalam kondisi baik dan terisi penuh, hindari aki yang soak atau konslet.  

BACA JUGA:Cara Mengganti Bearing Motor Listrik dengan CEPAT dan AMAN!

BACA JUGA:Perlu Kamu Ketahui, Penyebab Bearing Dinamo Motor Listrik Rusak

Aki yang soak membuat kiprok bekerja lebih keras, untuk mengisi daya yang hilang. Sedangkan aki yang konslet dapat merusak kiprok, karena arus listrik yang mengalir tidak terkendali.

5. Pemeriksaan Tegangan Aki secara Rutin

Membiasakan diri memeriksa tegangan aki secara rutin, dapat membantu Anda mendeteksi masalah pada sistem kelistrikan secara dini. Periksa tegangan aki menggunakan voltmeter, tegangan aki yang normal berkisar antara 12-14 volt.  

Jika tegangan aki terlalu rendah (di bawah 12 volt), ini bisa menjadi indikasi aki soak atau kiprok yang tidak berfungsi dengan baik. Sebaliknya tegangan aki yang terlalu tinggi (di atas 14 volt), bisa jadi disebabkan oleh kiprok yang rusak dan mengalirkan arus listrik berlebihan.  

Jika Anda menemukan pembacaan tegangan aki yang tidak normal, segera periksa kiprok dan komponen kelistrikan lainnya.

6. Hindari Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Memanaskan mesin terlalu lama apalagi saat mesin masih dingin, dapat menyebabkan kiprok bekerja lebih keras. Selama proses pemanasan alternator belum bisa menghasilkan listrik secara optimal, sehingga beban pengisian aki dan komponen kelistrikan lainnya ditanggung oleh kiprok.  

BACA JUGA:Bagaimana Perawatan Motor Listrik Hasil Konversi? Simak Biar Gak Salah!

BACA JUGA:Cara Mendapatkan Subsidi Motor Listrik dari Pemerintah, Berikut Panduan Lengkapnya!

Untuk menghindari hal ini biasakan memanaskan mesin secukupnya, sekitar 30 detik hingga 1 menit sebelum digunakan. Setelah mesin dihidupkan biarkan mesin berjalan stasioner sementara Anda mengenakan helm, dan perlengkapan berkendara lainnya.  

Hal ini juga bertujuan untuk membiarkan sistem pelumasan mesin bekerja dengan baik, sebelum Anda mulai berkendara.

7. Jangan Tunda Perbaikan

Jika Anda menemukan tanda-tanda kerusakan pada kiprok, jangan tunda untuk membawa motor matic Anda ke bengkel yang terpercaya. Beberapa gejala yang bisa mengindikasikan kerusakan kiprok antara lain:

a. Lampu redup karena kiprok tidak dapat mengalirkan arus listrik dengan baik, lampu-lampu pada motor matic Anda menjadi redup. Hal ini terjadi terutama saat mesin dalam kondisi langsam (idle).

BACA JUGA:Cara Mendaftar sebagai Pengemudi Gojek Motor Listrik, Berikut Panduan Lengkapnya

BACA JUGA:5 Langkah Mengaktifkan Bluetooth pada Motor Listrik
    
b. Aki cepat soak dikarenakan kiprok yang rusak tidak dapat mengisi aki dengan baik, sehingga aki cepat tekor dan motor matic Anda sulit dihidupkan.
    
c. Suara mesin kasar karena rusaknya kiprok dapat mempengaruhi sistem pengapian, sehingga suara mesin menjadi kasar dan tidak stabil.
    
d. Bau terbakar terjadi jika kiprok mengalami kerusakan parah, Anda mungkin akan mencium bau terbakar yang berasal dari area kiprok.

Selain menerapkan tips merawat kiprok agar motor matic tetap prima di atas, penting juga melakukan perawatan motor matic Anda secara berkala di bengkel resmi. Saat servis mekanik biasanya akan memeriksa kondisi kiprok dan komponen kelistrikan lainnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: