Buah Mangga Bukan Buah yang Tepat Dikonsumsi Saat Diet

Buah Mangga Bukan Buah yang Tepat Dikonsumsi Saat Diet

Mengapa Saat Diet, Mangga Bukan Sahabat Terbaikmu -intisari online-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bagi pejuang diet pasti setuju, diet itu bukan cuma soal menu makanan yang enak, tapi juga tentang pilihan diet yang sehat.

Nah, ngomongin diet, ada satu buah yang sering jadi kontroversi, yaitu buah mangga. Meskipun enak, ternyata mangga bukan pilihan terbaik saat kamu sedang berusaha mengejar cita-cita tubuh sehat.

Yuk, dimak di sini kenapa kamu harus berpikir dua kali sebelum mengkonsumsi mangga saat diet.

Alasan Buah Mangga Tidak Tepat untuk Diet

BACA JUGA:Diet Intermittent Fasting, Metode Diet Efektif untuk Menurunkan Berat Badan dan Gula Darah

BACA JUGA:15 Makanan yang Cocok Untuk Diet Turunkan Berat Badan

 

 

Ada beberapa alasan buah mangga tidak tepat untuk diet, meliputi:

1. Kandungan Gula yang Tinggi

Salah satu alasan utama kenapa mangga gak terlalu cocok buat temen-temen yang lagi diet adalah kandungan gulanya yang tinggi. Meskipun gula di dalam buah adalah gula alami, tapi tetap aja bisa menambah asupan kalori harian kita.

Terlalu banyak konsumsi gula bisa mengganggu proses pembakaran lemak dan menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi, kalo lu lagi serius pengen turun berat badan, mungkin mulai pertimbangkan buah-buahan lain yang lebih rendah gula.

BACA JUGA:9 Cara Diet Sehat dan Aman Untuk Tubuh

BACA JUGA:Ini Manfaat Buah Alpukat yang Digunakan untuk Diet dan Aneka Resep Menu Alpukat untuk Diet

 

2. Kalorinya Bisa Naik dengan Cepat 

Mangga itu camilan yang menggoda, apalagi kalo sudah matang dan manis banget. Tapi sayangnya, gak bisa dipungkiri kalau makan mangga itu bisa nambahin kalori dengan cepat.

Satu mangga yang ukurannya gak terlalu besar aja bisa nyumbang sekitar 200 kalori ke tubuh kita. Jadi, kalo kita lagi berjuang buat ngurangin kalori harian, mangga mungkin bukan pilihan terbaik.

3. Tinggi Karbohidrat

BACA JUGA:Segarnya Jus Mangga, Eits! Kulitnya Jangan Dibuang Dulu, Ini Manfaatnya

BACA JUGA: Es Buah Bunuh Diri, Kuliner di Solo yang Seger dan Bikin Klenger!

Karbohidrat itu penting, tapi kalo kebanyakan juga gak baik, apalagi kalo kita lagi fokus mengatur asupan karbohidrat. Nah, mangga termasuk buah yang punya kandungan karbohidrat cukup tinggi.

Makan terlalu banyak karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah dan membuat kita merasa lebih cepat lapar. Jadi, buat temen-temen yang lagi ngejar target karbohidrat harian, mungkin ada buah lain yang lebih cocok.

4. Rendah Serat

Salah satu kelebihan buah-buahan dalam diet adalah kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu kita merasa kenyang lebih lama dan mendukung pencernaan yang sehat. Sayangnya, mangga gak terlalu tinggi seratnya. Jadi, kalo kita mau tetap kenyang dan hindari ngemil terus, mungkin ada buah lain yang lebih bersahabat.

5. Bisa Bikin Nafsu Makan Meningkat

Mangga itu lezat, ga ada yang bisa ngeyakinin sebaliknya. Tapi kadang, rasa manisnya yang unik bisa membuat kita craving buat makan lebih banyak. Makanan yang tinggi gula bisa memicu keinginan untuk makan terus-menerus, yang tentu aja gak baik buat diet kita.

Jadi, buat yang punya kendala buat ngontrol porsi, mungkin sebaiknya kita pertimbangkan lagi buat makan mangga.

Intinya, bukan berarti mangga itu musuh diet, tapi lebih ke soal pemilihan buah yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan target diet kita. Ada banyak buah-buahan lain yang punya kandungan gula yang lebih rendah dan tinggi serat. So, jangan takut coba variasi buah lain yang mungkin lebih cocok buat nemenin perjalanan diet kita. (raf)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: