Pemkab Banjarnegara Terus Berusaha Menurunkan Angka stunting

Pemkab Banjarnegara Terus Berusaha Menurunkan Angka stunting

Pj Bupati Banjarnegara Muhamad Masrofi saat kunjungan kerja di Kecamatan Pejawaran. -Pemkab Banjarnegara Untuk Radarmas-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten BANJARNEGARA terus berupaya menurunkan angka stunting, salah satunya dengan mencegah pernikahan dini. 

Penjabat (Pj) Bupati Banjarnegara, Muhamad Masrofi menegaskan, pernikahan di usia muda merupakan salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap kasus stunting di wilayah tersebut.

“Pernikahan dini harus dihindari, karena dapat menyebabkan stunting,” ujar Masrofi saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Pejawaran. 

Masrofi menjelaskan korelasi antara pernikahan dini dengan stunting. Ia mengatakan, remaja pada usia yang sebenarnya belum siap menikah, secara fisik dan psikologisnya belum matang.

BACA JUGA:Pemkab Banjarnegara Siapkan Langkah Tekan Angka Stunting Jelang SSGI 2024

BACA JUGA:Hasil Undian Pilkada Banjarnegara, Bugar-Fahmi Nomor Urut 1, Amel-Gus Wakhid Nomor Urut 2

Disamping itu, belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai berumah tangga, kehamilan dan pola asuh anak yang baik dan benar. 

"Hal tersebut bisa berdampak ketika berumah tangga dan yang perempuan hamil, karena akan mempengaruhi tumbuh kembang anak di kandungan. Ini bisa mengakibatkan stunting, maka pernikahan dini harus dihindari," ungkapnya

Ia meminta para kepala desa untuk dapat terus mensosialisasikan mengenai dampak pernikahan dini ini kepada warganya.

Masrofi juga menyampaikan, pada tahun ini Pemkab Banjarnegara menargetkan angka stunting turun di angka 16,4 persen. Untuk mencapai itu dibutuhkan upaya dan komitmen bersama. 

"Stunting di Banjarnegara berada di angka 19,9 persen. Akhir tahun 2024 kita targetkan bisa turun menjadi 16,4 persen," ungkapnya

Camat Pejawaran, Setiyadi menambahkan, Kecamatan Pejawaran merupakan wilayah dengan angka pravelensi stunting tertinggi di Kabupaten Banjarmegara.

"Ada sekitar 844 anak stunting di Kecamatan Pejawaran," terangnya, Jumat (27/9/2024).

Pada kegiatan kunjungan kerja yang ke-19 ini, Pj Bupati Masrofi berdialog dengan 17 Kedes di wilayah Kecamatan Pejawaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: