Pasar Wage Karangkandri, Cilacap, Segera Direlokasi, Bangunan Ditarget Selesai Desember 2023

Pasar Wage Karangkandri, Cilacap, Segera Direlokasi, Bangunan Ditarget Selesai Desember 2023

Beberapa orang pekerja sedang menyelesaikan bangunan pasar yang terletak di jalan Lingkar Timur arah PLTU Karangkandri, Kamis (9/11/2023).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pembangunan bangunan pasar yang rencananya digunakan untuk relokasi Pasar Wage Karangkandri, CILACAP, saat ini sudah mencapai 60 persen. Ditargetkan bangunan tersebut selesai pada Desember mendatang.

Diketahui, lahan yang digunakan untuk Pasar Wage Karangkandri merupakan lahan milik Pemkab Cilacap yang terletak disebelah utara Balai Desa Menganti, masuk jalan lingkar Selatan PLTU Karangkandri, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap.

Sub Koordinator Sarana Distribusi pada Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kabupaten Cilacap Beni Priatno menuturkan, saat ini progres pembangunan sudah mencapai 60 - 70 persen.

"Ditarget bulan Desember bangunan tersebut selesai. Harapannya, bulan Januari atau Februari pedagang sudah bisa pindah," katanya, Kamis (9/11/2023).

BACA JUGA:53.849 Jiwa Terdampak Kekeringan di Cilacap, Dropping Air Bersih Masih Dilakukan

BACA JUGA:Jadi Lumbung Padi di Kabupaten Cilacap, Tanaman Padi di Maos Masih Diserang Gulma

Menurutnya, bangunan pasar tersebut berstandar SNI kemudian disediakan 100 petak untuk mengakomodir jumlah pedagang pasar Karangkandri yang berjumlah hampir 90 orang.

"Biasanya ada salah satu pedagang yang menggunakan 2 petak sekaligus, jadi kita berupaya mengakomodir," jelasnya.

Sebelumnya lahan Pasar Karangkandri menempati lahan milik PT KAI. Sedangkan pembangunannya menggunakan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2023 melalui Tugas Pembantuan (TP) Kementerian Perdagangan RI sebesar Rp 3 Miliar.

"Harapannya jika sudah menempati lahan milik sendiri serapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan maksimal. Potensinya juga besar untuk menunjang perekonomian di wilayah Kecamatan Kesugihan," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: