Sejarah Toko Roti tertua di Indonesia yang Berada di Purwokerto

Sejarah Toko Roti tertua di Indonesia yang Berada di Purwokerto

Aneka Roti yang Dijual di Toko Roti GO Purwokerto, Toko Roti Tertua di Indonesia-Instagram @ariffsetiawan-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Roti merupakan salah satu makanan yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu, termasuk toko Roti Go ini yang menjadi toko roti tertua.

Toko ini menyajikan sajian roti yang sudah menjadi makanan pokok untuk dikonsumsi bagi sebagian orang, mulai dari hidangan pembuka, utama maupun akhir.

Toko roti Roti Go sebagai roko roti pertama yang ada di Indonesia berlokasi berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Kecamatan Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

 

Sejarah Toko Roti Go

Toko roti ini pertama kali dibuka pada tahun 1898, yang berarti,Toko Roti Go ini sudah berusia 125 tahun dan dinobatkan sebagai toko roti tertua di Indonesia.

 

BACA JUGA:Toko Roti GO Purwokerto, Toko Roti Tertua di Indonesia yang Tetap Eksis Hingga Saat Ini

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Makan Gelato Paling Populer di Purwokerto

 

Toko Roti Go masih  beroperasi sampai saat ini, Toko ini sudah mengalami berbagai macam masa dari kolonialisme, kemerdekaan dan dunia modern. 

Toko ini didirikan oleh pasangan keturunan Tionghoa, Oei Pak Ke Nio dan Go Kwe Ka, Kata ‘Go’ diambil dari nama suamiyaitu Go Kwe Ka.

Sekarang toko ini dikelola oleh cucu dari pasangan Ibu Rosani,Toko ini pernah mengalami kebakaran pada tahun 1948.

Peristiwa ini menyebabkan kerusakan pada bangunan, dan hanya menyisakan oven dan alat peracik roti. Tapi hal tersebut tidak menghentikan bisnis. Bahkan Toko Roti Go menjadi berkembang dan tetap bertahan hingga kini.

 

BACA JUGA:Nikmatnya Nasi Penggel, Makanan Khas Kabupaten Kebumen yang Legendaris, Wajib Kamu Coba!

BACA JUGA:Nasi Nyangku Makanan Khas Banyumas Autentik dari Kaki Gunung Slamet, Wajib Dicoba

 


Keunikan Toko Roti Go

Ciri khas yang dimiliki oleh Toko Roti Go ini terdapat pada oven yang mereka miliki masih terbuat dari batu bata dan pembakarannya masih menggunakan kayu. 

Selain itu, proses pembuatan roti masih sama sejak turun temurun, Konsistensi rasa dan kualitas pada Toko Roti Go ini menjadikan rasa roti nya masih terjaga keautentikannya.

Kelezatan roti ini tidak terlepas dari bahan baku yang berada di dalamnya, dibuat tanpa bahan pengawet dan proses pembuatannya yag masih tradisional.

 

Berbagai macam menu Roti

Ada beberapa macam roti yang tersedia di Toko Roti Go, mulai dari varian asin dan manis, roti tradisional hingga roti modern yang merupakan hasil dari inovasi resep.

 

BACA JUGA:Getuk Goreng Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Biasa Dijadikan Oleh-oleh

BACA JUGA:7 Makanan Khas Cilacap yang Sayang untuk Dilewatkan, Cocok untuk Oleh-oleh

 

Toko Roti Go juga menyediakan berbagai kue kering, pastry, dan cake, Ada beberapa menu roti yang best seller di Toko Roti Go ini :

1. Kopibrood

Walau Namanya terdapat kata Kopi, roti satu ini sama sekalitidak ada rasa kopi nya.

Isi roti ini adalah campuran cokelat dan kacang, bentuk rotinya yang tebal dan isiannya yang melimpah menjadikan roti ini menjadi salah satu best seller di Toko Roti Go.

2. Krenten

Roti satu ini adalah salah satu roti tradisional,dengan isian kimis, sultana dan cincangan saukade.

 

BACA JUGA:Soto Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Selalu Jadi Idaman

BACA JUGA:Berkunjung ke Banyumas? Wajib Cobain Makanan Khas Banyumas Ini!

 

Isiannya tersebar merata pada seluruh bagian roti sehingga menciptakan aroma wangi dengan cita rasa yang tidak terlalu manis

3. Bluder Keju

Roti ini adalah roti yang sangat lembut ketika masuk kedalam mulut. Serat nya terasa masih kembut dan sensasi harum khas roti dan keju.

Kemudian selain menjual roti toko Roti Go  juga menyediakan aneka kue kering yang tak kalah enak seperti, Bagelen, Soes Kering, Kue Kacang, Bangket, dan masih banyak lagi. 

Kalian dapat membeli kue kering inidi dalam toples dengan hitungan harga per 100 gram.

 

Kisaran Harga Toko Roti Go

Toko Roti Go masih membandrol harga yang sangat terjangkau, untuk roti dan pastry kalian hanya butuh menyiapkan uang sebesar Rp.7.000 – Rp.20.000 saja.

sedangkan untuk kue kering di kisaran Rp. 12.500- Rp. 32.500 per 100 gram.

 

Jam Buka Roti Go

Bertempat di Jalan Jenderal Sudirman di pinggir jalan yang strategis di pusat kota, toko Roti Go buka setiap hari pukul 08.00 WIB – 19.00 WIB pada hari Senin-Sabtu. Sedangkan untuk hari Minggu, toko ini tutup lebih awal yaitu di jam 16.30 WIB.

 

BACA JUGA:Sejarah Lengkap Mendoan, Makanan Khas Banyumas Berbahan Dasar Tempe

BACA JUGA:Getuk Goreng Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Biasa Dijadikan Oleh-oleh

 

Toko Roti Go ini sudah dikenali oleh lintas generasi dari orang tua maupun para generasi muda, sehingga terdapat memori tersendiri bagi tiap orang. 

Toko Roti Go ini seolah menemani perkembangan dan perjalanan bagi masing-masing masyarakat di Purwokerto.

Karena Toko Roti Go sudah selalu hadir dari masa ke masa, Jadi jika anda berkunjung ke Purwokerto.

Toko Roti Go adalah salah satu rekomendasi destinasi kuliner legendaris yang dapat anda kunjung iuntuk merasakan kelezatan dan ke autentikan dari segi rasa dan bangunannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: