Getuk Goreng Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Biasa Dijadikan Oleh-oleh

Getuk Goreng Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Biasa Dijadikan Oleh-oleh

Getuk Goreng Makanan Khas Daerah Sokaraja Yang Sangat Terkenal-Pariwisata Provinssi Jawa Tengah-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Daerah Sokaraja yang berada di Kabupaten Banyumas dikenal dengan getuk gorengnya. Bahkan penjual getuk goreng sangat mudah ditemukan di Sokaraja.

Getuk goreng dari Sokaraja juga sangat sering menjadi oleh-oleh untuk para wisatawan dibawa pulang. Karena getuk goreng tidak mudah basi menjadi oleh-oleh yang cocok untuk perjalanan panjang.

Sokaraja sendiri adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Banyumas yang cukup ramai, karena merupakan jalur utama. Sokaraja juga menjadi perbatasan antara Kabupaten Banyumas, Purbalingga dan Banjarnegara. Karena ini Sokaraja banyak dilewati banyak wisatawan dari luar daerah.

Sejarah Getuk Goreng

Pertama kalinya getuk goreng dibuat pada tahun 1918. Bapak Sanpirngard, penjual rames pertama yang membuat getuk goreng. Selain menjual rames awalnya warung Bapak Sanpirngard juga menjual getuk cemol (getuk teles).

BACA JUGA:Getuk Goreng Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Selalu Jadi Oleh-oleh Favorit para Wisatawan

BACA JUGA:Getuk Goreng Sokaraja: Lezatnya Makanan Tradisional dari Banyumas

Dikarenakan getuk telesnya tidak terjual habis dan sering dibuang, Bapak Sanpirngard ingin mengolah getuk teles itu dengan cara digoreng. Getuk goreng buatan Bapak Sanpirngard awalnya tidak dijual dan diberikan secara gratis di warungnya.

Lalu tidak diduga getuk goreng menjadi sangat diminati dan setelah 6 tahun diberikan secara gratis, getuk goreng resmi dijual. Sampai sekarang getuk goreng banyakk dijual di daerah Sokaraja jika kalian sempat mampir ke daerah tersebut.

Jika kalian melewati Sokaraja pasti banyak yang menjual getuk goreng dengan plang bertuliskan H.Tohirin di sepanjang jalan. H.Tohirin sendiri adalah menantu Bapak Sanpirngard yang meneruskan usaha getuk goreng.

Lalu bagaimana dengan rasa getuk goreng? Apakah seenak itu sampai banyak peminatnya? Tentu saja getuk goreng memiliki rasa manis dan ada sedikti rasa gurih garing dari proses penggorengan.

BACA JUGA:Soto Sokaraja: Sejarah, Resep, dan Cara Membuatnya

BACA JUGA:Soto Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Selalu Jadi Idaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: