Soto Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Selalu Jadi Idaman

Soto Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Selalu Jadi Idaman

Sroto atau Soto Sokaraja menjadi salah satu makanan khas Banyumas yang disukai banyak orang.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sroto Sokaraja atau yang lebih kita kenal dengan Soto Sokaraja adalah soto khas dari daerah Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Soto Sokaraja ini merupakan makanan khas Banyumas yang selalu jadi idaman entah itu oleh penduduk setempat ataupun pendatang dari luar kota. 

Jika dilihat sekilas, soto Sokaraja memang mirip dengan kuliner soto pada umunya yang berasal dari daerah lain. Akan tetapi, bila diperhatikan lebih detail apalagi sampai mencobanya, akan ada perbedaan di antara dua hidangan berkuah ini.

Sroto atau soto Sokaraja memiliki rasa yang khas dengan bahan utama berupa daging ayam, lalu ditambahkan bihun, tauge, dan irisan daun seledri yang disajikan dalam kuah kaldu ayam yang gurih dan segar. 

BACA JUGA:Getuk Goreng Sokaraja: Lezatnya Makanan Tradisional dari Banyumas

BACA JUGA:Soto Sangka, Kuliner Nusantara Legendaris Khas Banyumas Sejak 1925

Biasanya, soto Sokaraja menggunakan daging ayam kampung untuk isiannya, namun tak jarang ada pula yang menggunakan daging sapi untuk isiannya.

Ciri khas dari Sroto atau Soto Sokaraja ini adalah menggunakan bumbu sambal kacang dengan ketupat yang dicampur di dalam mangkuk yang sama. Bumbu kacang inilah yang membedakan rasa Soto Sokaraja dengan soto pada umumnya.

Tak hanya itu, sroto atau soto Sokaraja seringkali disajikan dengan berbagai tambahan pelengkap lainnya seperti nasi putih, emping, kerupuk, dan sambal.

Bahkan kini seiring berkembangannya zaman, muncul semakin banyak variasi yang dari sroto atau soto Sokaraja tersebut. Beberapa variasi sroto atau soto Sokaraja lainnya yaitu seperti Sroto Sokaraja Kecik, Sroto Sokaraja Babat, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:3 Kuliner Khas Banyumas Terpopuler yang Wajib Dicoba, Ada yang Sudah Dikenal Sampai Mancanegara

BACA JUGA:7 Kuliner Mancanegara di Purwokerto, Berasa Makan di Negara Aslinya

Makanan pendamping lain yang tidak boleh ketinggalan saat menyantap sroto atau soto Sokaraja adalah mendoan hangat. Apalagi jika dimakan saat sedang hujan, dengan minuman pendamping teh manis hangat, dijamin bikin kamu ketagihan.

# Sejarah Singkat Soto Sokaraja

Sebenarnya belum pernah ada informasi yang pasti dan resmi tentang asal usul Sroto atau Soto Sokaraja.

Namun konon katanya soto ini telah ada sejak lama dan bahkan sudah menjadi makanan khas daerah Sokaraja sejak masih jaman kolonial Belanda. 

Banyak yang mengatakan bahwa konon soto ini dibuat oleh seorang pedagang Cina yang menetap di Sokaraja pada abad ke-18.

Hingga kemudian resep soto tersebut diwariskan turun-temurun dan akhirnya kini menjadi makanan khas daerah Sokaraja yang terkenal hingga keluar daerah.

BACA JUGA:7 Kreasi Makanan Sehat dan Praktis yang Bisa Dibuat di Rumah

BACA JUGA:Getuk Goreng Sokaraja: Lezatnya Makanan Tradisional dari Banyumas

Hidangan sroto atau soto Sokaraja ini sekarang pastinya merupakan salah satu kuliner yang menjadi daya tarik wisata di Kabupaten Banyumas.

Maka dari itu sroto atau soto Sokaraja sangat mudah dijumpai di daerah Banyumas, apalagi di daerah Sokaraja. Bisa dilihat dengan jelas disepanjang jalan terlihat puluhan kios sroto atau soto Sokaraja ramai berjejeran menjajakan soto buatannya. 

Buat kamu yang tidak tinggal di Banyumas tapi ingin mencoba soto Sokaraja, tidak perlu khawatir. Karena bahan-bahan yang digunakan juga mudah dijumpai, sehingga bisa dipraktikkan di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: