Nikmatnya Nasi Penggel, Makanan Khas Kabupaten Kebumen yang Legendaris, Wajib Kamu Coba!

Nikmatnya Nasi Penggel, Makanan Khas Kabupaten Kebumen yang Legendaris, Wajib Kamu Coba!

Nikmatnya Nasi Penggel, Makanan Khas Kabupaten Kebumen yang Legendaris, Wajib Kamu Coba ! -Website www.pinterest.com/-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Jika sedang berlibur ke Kabupaten Kebumen rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba makanan khasnya. Ya, masing-masing daerah pasti memiliki makanan khas yang membuat wisatawan ingin kembali lagi.

Selain terkenal dengan obyek wisatanya yang melimpah, Kabupaten Kebumen juga mempunyai berbagai makanan khas yang unik dan menarik untuk dicoba. 

Salah satunya yaitu ada Nasi Penggel, yang siap menemani sarapan pagimu.

Nasi Penggel yaitu hidangan yang ada pada saat pagi hari saja. Biasanya pejual Nasi Penggel mulai buka sekitar jam 05.30 WIB sampai dengan jam 08.00 WIB. 

BACA JUGA:Aneka Olahan Dage, Kuliner Fermentasi Unik Khas Banyumas

BACA JUGA:Serba-Serbi Jenang Jaket, Kuliner Legit Khas banyumas

Salah satu penjual Nasi Penggel yang cukup terkenal dan paling legendaris di Kabupaten Kebumen yaitu Nasi Penggel Pak Melan. 

Biasanya sebelum matahari terbit, sudah banyak antrean panjang pembeli yang berkunjung ke lapak Pak Melan untuk menikmati sarapan Nasi Penggelnya. 

Ciri khas dari Nasi Penggel yang satu ini yaitu bentuk nasinya yang sengaja dibuat bulat–bulat menyerupai bola pingpong, dan istimewanya di sini yaitu pembeli boleh mengambil nasinya sendiri sesuai yang mereka ingin. 

Sehingga tak heran jika penjual Nasi Penggel ini setiap harinya selalu padat pembeli saat masih petang dan selalu habis lebih awal. 

BACA JUGA:10 Rekomendasi Kuliner Khas Kebumen yang Wajib Dicoba

BACA JUGA:11 Kuliner Khas Cilacap Ini Wajib Kamu Cobain!

Biasanya kebanyakan pembeli akan mengambil nasi sekitar 7–10 bulatan setiap porsinya, karena bentuknya kecil-kecil. 

Kemudian nasi tersebut biasanya disajikan menggunakan daun pisang yang dipincuk, lalu kemudian di tuang sayur dan lauk–pauk di atasnya. 

Untuk sayurnya sendiri, biasanya menggunakan sayur yang berkuah lodeh santan kelapa, dengan perpaduan bumbu yang gurih sederhana dan campuran nangka muda atau gori, tempe, daun singkong, tahu, dan melinjo. 

Kemudian untuk lauk Nasi Penggelnya yaitu ada Kulit, dan jeroan sapi seperti iso atau usus sapi, babat, kikil, tetelan, paru, ginjal, jantung, dan sejenisnya. 

BACA JUGA:Menyulap Tahu Jadi Kuliner yang Menggugah Selera, Berikut Olahan Tahu yang Bisa Dimasak di Rumah

BACA JUGA:Nikmatnya Kuliner Tradisional Tempe Mendoan Khas Banyumas

Lalu jika semuanya sudah tercampur dengan kuah sayur dan lauknya, nasi yang sudah dibuat bulat–bulat akan lama–kelamaan hancur dan membuat rasanya akan semakin gurih. 

Untuk harga Nasi Penggel lengkap dengan lauk, sayur, tempe mendoan, dan teh hangat, harganya cukup terjangkau. Yaitu kurang lebihnya sekitar Rp. 13.000 saja per porsinya. 

Dimana lagi kamu dapat menikmati sarapan nikmat dan kenyang dengan lauk yang lengkap dan beraneka macam serta minumannya dengan harga yang sangat terjangkau. 

Jika kamu ingin menikmati Nasi Penggel khas Kabupaten Kebumen ini, jangan lupa untuk datang lebih petang yah, supaya tidak kehabisan. 

Nah itulah tadi salah satu makanan khas Kabupaten Kebumen yang Legendaris, semoga informasinya bermanfaat! (kia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: