Cerita Mitos di Goa Jatijajar Kebumen, Ada Sendang yang Bisa Bikin Awet Muda !

Cerita Mitos di Goa Jatijajar Kebumen, Ada Sendang yang Bisa Bikin Awet Muda !

Mitos Sendang di Goa Jatijajar Kebumen -Website https://jateng.tribunnews.com/-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Goa Jatijajar merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Kebumen yang sangat terkenal di berbagai wilayah. Goa Jatijajar terletak di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. 

Goa Jatijajar menawarkan berbagai keindahan alam goa pada umumnya. Selain itu banyak juga spot menarik yang bisa dijadikan tempat berselfie bagi para wisatawan.

Akan tetapi dibalik keindahan yang ditawarkan, obyek wisata ini menyimpan berbagai macam mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Termasuk dengan adanya mata air yang terdapat di dalam goa yaitu dikenal dengan nama sendang. 


Cerita Mitos di Goa Jatijajar Kebumen, ada Sendang yang Bisa Bikin Awet Muda !- Website https://www.youtube.com/watch?v=d8PMiPlBN04-

Terdapat 7 sendang yang ada di dalam Goa Jatijajar. 4 diantaranya dapat diakses oleh wisatawan / pengunjung yaitu ada Sendang Mawar, Sendang Kantil, Sendang Puser Bumi, dan Sendang Jombor. 

BACA JUGA:Cerita Mistis dan Mitos di Balik Keindahan Telaga Sunyi Baturraden, Bikin Merinding!

BACA JUGA:5 Mitos di Kebumen yang Masih Diyakini Sampai Sekarang

Akan tetapi dari ke 4 sendang tersebut hanya ada 2 goa yang cukup terkenal di kalangan masyarakat, yaitu Sendang Mawar dan Sendang Kantil. 

Karena kedua sendang itu sangat mudah diakses oleh wisatawan yang berkunjung ke Goa yang sudah ditemukan sejak tahun 1802 itu. 

Sendang Mawar dan Sendang Kantil di Goa Jatijajar juga mempunyai beberapa mitos yang sampai saat ini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. 

Konon katanya, jika ada seseorang yang cuci muka atau mandi menggunaka air dari Sendang Kantil ini, katanya segala harapan atau hajat ataupun cita – cita yang di inginkan akan terwujud. 

BACA JUGA:Menyingkap 6 Mitos di Banyumas yang Legendaris dan Masih Dipercaya Hingga Kini

BACA JUGA:Cerita Mistis Gunung Tugel di Kota Purwokerto, Tempat Pemujaan Para Makhluk Halus

Di dalam Sendang Kantil juga ada patung seorang wanita yang tampak seperti sedang berdoa di tengah aliran airnya. Patung inilah yang menambah kesan mistis dari Sendang Kantil yang ada di Goa Jatijajar Kebumen. 

Kemudian ada Sendang Mawar, berbeda dengan Sendang Kantil. Sendang Mawar memiliki warna kemerah – merahan pada air nya, seperti warna bunga mawar. 

Mitosnya yaitu, siapapun yang mengambil air atau mandi dari air yang bersumber dari Sendang Mawar ini dipercaya akan awet muda. 

Selain Sendang Kantil dan Sendang Mawar yang ada di Goa Jatijajar, 2 sendang lainnya yang terdapat di Goa Jatijajar yaitu Sendang Jombor dan Sendang Puser Bumi juga memiliki mempunyai mitos yang tidak kalah terkenalnya. 

BACA JUGA:Kisah Mistis “Noni Londo” Penunggu Pabrik Gula Kalibagor, Banyumas

BACA JUGA:5 Kisah Mistis di Balik Keindahan Gunung Slamet, Bikin Merinding!

Mitosnya yaitu, konon katanya siapapun yang mandi di Sendang Jombor dan Sendang Puser Bumi maka akan selalu dimudahkan dalam setiap urusannya. 

Mitos–mitos yang menyelimuti Sendang Mawar dan Sendang Kantil di Goa Jatijajar Kebumen ini juga banyak yang masih mempercayai. Akan tetapi ada masyarakat yang menganggap bahwa mitos itu hanya cerita belaka saja. 

Akan tetapi, terlepas dari kepercayaan masyarakat sekitar, cerita mitos Sendang Mawar dan Sendang Kantil di Goa Jatijajar Kebumen ini sudah berkembang puluhan tahun. Bahkan masih banyak pula masyarakat yang masih mempercayai mitos itu sampai sekarang. 

Percaya atau tidaknya hal tersebut, semuanya kembali kepada diri kita masing – masing. 

Nah itulah tadi cerita mitos di Goa Jatijajar Kebumen, Semoga bisa menambah pengetahuan kamu yah! (kia) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: