Kisah Mistis “Noni Londo” Penunggu Pabrik Gula Kalibagor, Banyumas

Kisah Mistis  “Noni Londo” Penunggu Pabrik Gula Kalibagor, Banyumas

Kisah Mistis “Noni Londo” Penunggu Pabrik Gula Kalibagor, Banyumas-kumparan.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bangunan besar yang tak berpenghuni selalu menyimpan kisah mistis, yang bisa menyebabkan bulu kuduk kamu merinding saat mendengar ceritanya atau melintasinya.

Salah satu contohnya adalah Pabrik Gula Kalibagor peninggalan zaman belanda, yang terletak di pinggir jalan utama Sokaraja, Banyumas.

Keistimewaan dan aura misteri datang dari lokasinya yang berdekatan dengan perumahan Belanda zaman dahulu yang sudah lama tak berpenghuni, kini juga dihiasi oleh berbagai tumbuhan liar yang melingkupinya.

Pabrik gula ini dulu merupakan yang terbesar yang dimiliki Belanda di Banyumas. Walaupun saat ini bangunan bekas pabrik gula telah direnovasi dan diubah menjadi pabrik garmen.

 

BACA JUGA:Cerita Mistis dan Mitos di Balik Keindahan Telaga Sunyi Baturraden, Bikin Merinding!

BACA JUGA:Cerita Mistis Gunung Tugel di Kota Purwokerto, Tempat Pemujaan Para Makhluk Halus

 

Meskipun pabrik ini sekarang sudah direnovasi dan dialih fungsikan, namun jejak cerita mistis masih tetap menjadi mistis yang dipercayai dan menghantui pikiran masyarakat.

Di dalam area kompleks pabrik tersebut, juga terdapat pemakaman orang Belanda yang konon dianggap sebagai kuburan khusus untuk para tenaga kerja dari Belanda yang bekerja di Pabrik Gula Kalibagor pada masa lalu.

 

Sejarah Pabrik Gula Kalibagor

Pabrik Gula Kalibagor didirikan pada tahun 1839 dan mulai berhenti  operasi sekitar tahun 1996, memang Pada masa puncak kejayaannya, Daerah Kalibagor menjadi pusat industri dengan keberedaan beberapa tempat industri yang beroperasi di daerah tersebut.

Pabrik ini  berhenti beroperasi bukan tanpa alasan, karena setahun sebelum masa reformasi, pabrik ini menjadi sasaran penjarahan oleh masyarakat setempat.

 

BACA JUGA:5 Kisah Mistis di Balik Keindahan Gunung Slamet, Bikin Merinding!

BACA JUGA:Wah, Orang Hilang di Pekuncen Dikaitkan Gerbang Mistis, Kasat Samapta : Kita Berusaha Patahkan Mitos Itu

 

Pabrik ini padahal juga sebagai saksi dari perjalanan waktu karena pabrik ini bukan hanya mencerminkan kemajuan industri gula di wilayah tersebut, melainkan juga merupakan fakit penting dalam perkembangan ekonomi dan sosial di daerah tersebut.

 

 

Kisah Mistis Pabrik Gula Kalibagor

Meskipun pabrik ini ditutup karena penjarahan sebelum era reformasi, berdasarkan cerita yang tersebar di masyarakat sekitar konon tidak ada seorang pun yang selamat setelah mencuri dari lokasi ini.

Beberapa pelaku mengalami takdir tragis, seperti penyakit, kecelakaan, dan bencana lainnya yang akan dialami setelah mencuri di tempat tersebut.

Lokasi ini menjadi sebagai tempat paling angker yang ada di Banyumas, meskipun pada siang hari tetap selalu ada aktivitas pabrik karena memang pabrik ini masih beroperasi hingga sekarang.

Bangunan yang memiliki arsitektur Belanda yang membuat kuat kesan mistis, yang ada pada bangunan tersebut,bahkan berdasarkan kesaksian masyarakat yang berani mencoba menguji nyali di tempat ini.

 

BACA JUGA:Pengerahan Anjing Pelacak Untuk Mencari Wasroh yang Disebut Warga Dikaitkan Gerbang Mistis Dilakukan Tiga Hari

BACA JUGA:Tabir Gerbang Mistis Salak Putih dari Kasus Menghilangnya Wasroh, Kades Karangkemiri : Memang Ada Mitosnya

 

mereka kerap melaporkan pengalaman melihat "Noni Londo" atau sosok perempuan Belanda yang berada di sekitar area Pabrik Gula tersebut.

Mnurut cerita masyarakat sekitar bukan hanya sosok perempuan Belanda yag menempati pabrik gula tersebut, tapi juga masih banyak penunggu lain seperti, Kuntilanak dan Gendruwo yang menempati Pabrik tua ini.

Namun hal ini justru menjadi daya tarik tempat ini karena rasa penasaran masyarakat yang berada dari luar Purwokerto, ingin ikut menguji nyali di tempat tersebut dan merasakan sensasi mistis ketika berada di pabrik tersebut.

Pabrik ini memiliki suasana mistis karena didukung oleh aura bangunan tua yang memang memiliki desain khas Arsitektur Belanda bahkan sudah terlihat horor meskipun hanya dilihat sekilas dari luar jalan.

Sejak 2020 Pabrik ini telah digunakan kembali sebagai pabrik Gaarmen dengan memiliki ratusan karyawan, memang mungkin saja meskipun pabrik ini masih terlihat mistis pasti sudah ada acara sakral yang telah dilakukan.

Sehingga mahluk - mahluk gaib yang menghuni pabrik Gula Kalibagor tidak akan menganggu pekerja buruh pabrik mungkin dengan syarat pekerja tersebut juga tidak menganggu mereka dan dalam keadaan pikiran kosong. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: