Dijumpai 3.451 Kasus TBC di Kabupaten Cilacap, Sekda Cilacap Jalankan Strategi TOSS

Dijumpai 3.451 Kasus TBC di Kabupaten Cilacap, Sekda Cilacap Jalankan Strategi TOSS

Pertemuan Tindak Lanjut Komunitas dan Pemangku Kepentingan Jejaring District Public Private Mix (DPPM). Selasa (29/8)-Humas Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADAR BANYUMAS - Kasus Tuberkulosis (TBC) di Kabupaten Cilacap masih tinggi. Sampai sekarang jumlahnya mencapai 3.451 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 472 kasus merupakan kasus TBC anak. 

Kondisi ini membuat keprihatinan sejumlah pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap. Dalam hal ini, Sekretaris Kabupaten Cilacap, Awaludin Murri mengajak seluruh lintas sektoral di Kabupaten Cilacap untuk bekerjasama mengatasi hal tersebut. 

Sekda mengatakan, upaya tersebut juga dilakukan dengan mengoptimalkan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), terkait layanan TBC di Kabupaten Cilacap. 

Pihaknya juga mengajak untuk menjalankan strategi TOSS yakni Temukan-Obati-Sampai-Sembuh.

BACA JUGA:Pajak Restoran Jadi Salah Satu Kendala Pemenuhan PAD Kabupaten Cilacap

BACA JUGA:Rombongan Wisatawan Jepang Datangi Kampung Nopia Desa Pekunden

"Kunci penanggulangan TB yaitu menemukan dan menyembuhkan pasien TB hingga sembuh tuntas, serta untuk memutuskan rantai penularan TB dan menurunkan insiden TB di masyarakat," katanya. 

Upaya tersebut dilakukan untuk memerangi dan menuju eliminasi TBC tahun 2028 di Kabupaten Cilacap. Untuk itu, butuh kerjasama seluruh pihak untuk menekan laju kasus TBC di Kabupaten Cilacap. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: