Muncul Nama Kasatpol PP dan Asisten 2 Sebagai Kandidat Pelaksana Tugas Sekda Cilacap

Muncul Nama Kasatpol PP dan Asisten 2 Sebagai Kandidat Pelaksana Tugas Sekda Cilacap

Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri saat dilantik oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana di Semarang, Senin (20/11/2023).-DOK JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Setelah dilantik menjadi Pj Bupati CILACAP Awaluddin Muuri harus segera menunjuk Pelaksana Tugas Sekda Kabupaten CILACAP, yang mengalami kekosongan untuk membantunya dalam menjalankan Pemerintahan.

Dalam hal itu, Pj Bupati Cilacap diminta jeli serta bijaksana. Pasalnya, penunjukan tersebut bersifat usulan langsung ke Pj Gubernur tanpa adanya proses seleksi terlebih dahulu. Sehingga seharusnya pelaksana tugas Sekda merupakan pimpinan jabatan tinggi (JPT) Pratama atau eselon II di lingkungan Pemkab Cilacap.

Mendasari hal itu, ada beberapa nama yang santer berpeluang ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas dari Sekda Cilacap. Seperti Kepala Satpol PP (Kasatpol) Luhur Satrio Muchsin serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan M. Wijaya.

Hal tersebut dikemukakan Mustangin Mulyana, salah satu tokoh masyarakat yang juga sekaligus ketua relawan kebakaran. Dia menilai 2 orang tersebut sangat memiliki kans yang kuat untuk ditunjuk menjadi pelaksana tugas Sekda.

BACA JUGA:Resmi Jabat PJ Bupati Cilacap, Ini 10 Program Prioritas Awaluddin Muuri

BACA JUGA:Sekda Cilacap Awaluddin Muuri Dilantik Jadi Pj Bupati Cilacap Gantikan Yunita Dyah Suminar

"Dua orang tersebut sangat berpeluang. Namun jika menilik pada tahun politik 2024, maka Luhur Satrio Muchsin selaku Kasatpol merupakan figur yang tepat," katanya, Jumat (24/11/2023)

Mustangin menilai, pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang membutuhkan penanganan maupun pengamanan dari lintas sektoral, sehingga penunjukan Kasatpol merupakan hal yang sangat pas.

"Hajat demokrasi pemilu 2024 memiliki dinamika politis yang sangat besar, sehingga dibutuhkan penanganan agar sukses, sehingga kita menilai Kasatpol adalah orang yang sangat pantas," tandasnya.

Sementara itu, hal senada dikemukakan oleh Ketua LSM Seroja Ekanto Wahyuning Santoso. Dia menilai, pelaksana tugas Sekda Cilacap mestinya pejabat eselon 11 di lingkup Pemkab Cilacap yang berusia muda, bukan tanpa alasan, untuk mendampingi figur Pj Bupati yang enerjik maka dibutuhkan figur yang enerjik pula dan berjiwa muda.

"Pak Awall ini begitu dilantik langsung kemukakan program-program prioaritas, sehingga ia butuh pendamping yang siap, muda serta tidak cacat hukum. Siapapun itu nanti yang bakalan ditunjuk, intinya jangan mengesampingkan yang muda karena pada nantinya yang muda - muda ini pasti akan berjaya," jelasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: