Rombongan Wisatawan Jepang Datangi Kampung Nopia Desa Pekunden

Rombongan Wisatawan Jepang Datangi Kampung Nopia Desa Pekunden

Rombongan dari Jepang di basecamp Kampung Nopia, Senin (28/8/2023) sore. Pengelola kaget karena kunjungan mendadak.-Agus untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADAR BANYUMAS - Pengelola wisata swadaya Kampung Nopia, Desa Pekunden, Kecamatan Banyumas terkejut. Sebab, kedatangan rombongan wisatawan Jepang secara mendadak.

"Saya pikir, juru bicara hanya survei, nanti kapan waktu bawa. Ternyata, langsung datang banyak dua puluh orang lebih. Kaget, gedandapan," ujar Ketua Wisata kampung Nopia, Agus Silo, Selasa (29/8/2023).

Agus mengakui, kurang maksimal dalam memberikan layanan. Lantaran kunjungan mendadak. Di antaranya tidak ada sesi demo pembuatan mino yang menjadi ciri khas wisata.

Pengelola mempresentasikan seluk beluk Kampung Nopia dan produknya. Oleh pemandu wisata diterjemahkan ke Bahasa Jepang. Pengunjung yang mendadak datang itu kemudian diajak berkeliling.

BACA JUGA:Tugu Gentong Kampung Nopia Ditambah Ikon Api, Agar Mirip Aslinya

BACA JUGA:Menparekraf Sandiaga Uno Berkunjung ke Kampung Nopia,

Guna mengobati rasa penasaran rombongan orang Jepang mengenai proses pembuatan cemilan tradisional khas Banyumas. mereka dibawa ke perajin yang sedang produksi untuk melihat langsung. Beruntung, masih ada perajin nopia yang belum selesai.

"Karena mendadak dan kurang maksimal pelayanan, rombongan dari Jepang tidak bayar, kami gratiskan," imbuh Agus.

Pengelola Kampung Nopia terkesan dengan kedatangan rombongan orang dari Jepang. Dan sebelumnya ada juga pengunjung mancanegara dari Amerika, Cina, dan sebagainya.

Rombongan dari Jepang setelah melihat langsung proses pembuatan nopia secara tradisional di perajin, mereka juga membeli nopia. Sehingga, menjadi rejeki dadakan juga bagi perajin. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: