Atasi Persoalan Sosial, Purbalingga Rintis Pukessos, Ini Penjelasannya

Atasi Persoalan Sosial, Purbalingga Rintis Pukessos, Ini Penjelasannya

Salah satu bagian ruang ini di Desa Klapasawit yang akan dijadikan ruang pelayanan Puskessos. (Amarullah Nurcahyo)--

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Dinamisnya persoalan sosial dan kemiskinan serta kesehatan warga tidak mampu terus menjadi pekerjaan rumah Pemkab Purbalingga. Karenanya, melalui Dinas Sosial Pengendalian Penduduk KB dan P3A sedang membentuk Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskessos).

"Kami mulai membentuk di beberapa desa, belum semua. Itupun masih tahap pendampingan oleh tim kami," kata Kepala Dinsosdalduk KB P3A Purbalingga, Eni Sosiatman, Jumat 11 Agustus 2023.

Menurutnya, Puskessos adalah lembaga yang berfungsi untuk melakukan kegiatan pelayanan sosial bersama secara sinergis dan terpadu antara kelompok masyarakat dalam komunitas yang ada di desa/kelurahan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Lebih lanjut dikatakan, puskessos juga dibentuk untuk memudahkan warga atau fakir miskin untuk mendapatkan perlindungan sosial serta lepas dari kemiskinan.

BACA JUGA:Maksimal Sepekan Masih Bandel, Reklame Atribut Parpol dan Bacaleg Bisa Dicopot

"Fakir miskin atau warga yang rentan miskin bisa mendapatkan perlindungan sosial Puskessos desa," tambahnya.

Agus, salah satu perangkat desa Klapasawit Kecamatan Kalimanah mengatakan, desanya baru menyiapkan ruang layanan Puskessos. Itupun ruangan dalam kantor desa.

"Kami masih butuh penjelasan mekanisme atau cara kerja Puskessos. Karena akan berkutat pada data warga miskin, bantuan sosial, kesehatan dan lainnya," ungkapnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: