400 Guru Ngaji Bakal Terima Insentif, dari Target Insentif Sebanyak 1.000 Guru Ngaji

400 Guru Ngaji Bakal Terima Insentif, dari Target Insentif Sebanyak 1.000 Guru Ngaji

Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas, Suwondo Geni.-MAHDI SULISTYADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Insentif untuk guru ngaji di Kabupaten Banyumas tahun ini masih akan kembali diadakan. Targetnya yakni untuk 1.000 guru ngaji, namun saat ini baru diproses untuk sekitar 400 guru.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas, Suwondo Geni mengatakan untuk insentif guru ngaji, sebetulnya Pemda tahun ini tetap menganggarkan sekitar Rp 300 jutaan.

"Saya sudah minta data ke Kemenag. Nama-nama guru yang harus dibantu dan memenuhi persyaratan. Namun, dari KanKemenag Banyumas, itu nama-nama yang disetorkan rupanya yang sudah pernah kita bantu tahun lalu," kata dia.

BACA JUGA:Tambahan Alokasi Penerima Insentif Baru Guru Ngaji Hanya di 26 Kecamatan

Sebab, lanjut dia, nama yang lain sudah terbantu oleh Provinsi. Data yang dikirimkan KanKemenag Banyumas jumlahnya sekitar 800-an guru ngaji.

"Namun itupun data masih diteliti lagi. Yang sudah masuk ke kami 400 yang sudah fix. Dan saat ini sudah mulai proses," kata dia.

Namun, setelah berkoordinasi dengan bagian hukum, disarankan agar bantuan itu tidak bisa terus menerus dilakukan. Sebab di Perbup tak memungkinkan.

"Maka kami koordinasi dengan Baznas. Akan dianggarkan. Baznas mengalokasikan untuk 1.000 guru ngaji. Tahun depan baru kemungkinan akan kembali lagi anggaran di Pemkab," tuturnya.

Sedangkan Rp 300 juta yang sudah dianggarkan itu, lanjut dia, akan dialihkan ke bantuan sosial yang lain. "Karena banyak juga yang minta, seperti bantuan masjid, mushola," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: