Retribusi Pasar Hewan Ajibarang Sepekan Jelang Idul Adha Meningkat 10 Persen

Retribusi Pasar Hewan Ajibarang Sepekan Jelang Idul Adha Meningkat 10 Persen

Aktivitas jual beli Sapi dan Kambing di Pasar Hewan Ajibarang mulai naik signifikan pada Rabu (21/6) sepekan jelang Hari Raya Idul Adha.-Yudha Iman Primadi/Radarmas-

BANYUMAS - Sepekan jelang Idul Adha, terjadi peningkatan aktivitas jual beli Sapi dan Kambing yang signifikan di Pasar Hewan Ajibarang, Rabu (21/6). Dari pengelola Pasar menginformasikan adanya kenaikan retribusi sekitar 10 persen.

Kepala Pasar Hewan Ajibarang, Syahrin mengatakan peningkatan aktivitas jual beli Sapi dan Kambing di Pasar Hewan Ajibarang mulai terjadi satu bulan terakhir. Puncaknya pada Rabu ini (21/6), terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

"Hari ini (Rabu) untuk Pasar Hewan Ajibarang terakhir ramai. Rabu depan (28/6) karena sudah ada yang lebaran bisa mulai menurun," katanya ditemui Radarmas, Rabu (21/6).

BACA JUGA: Kreatif, Sutrisno Inovasi Kerupuk Buah Naga

Syahrin menjelaskan untuk kenaikan retribusi dengan naiknya aktivitas jual beli Sapi dan Kambing di hari pasaran Rabu Pon pekan ini berkisar hanya 10 persen. Sementara dilihat dari volume Sapi yang masuk ada kenaikan sekitar 25 persen dengan total sapi sampai 500 ekor.

"Dengan kenaika jumlah Sapi yang masuk sampai 25 persen, kenaikan retribusi baru di kisaran 10 persen," terang dia.

Adapun kendala belum signifikannya kenaikan retribusi di Pasar Hewan Ajibarang jelang Idul Adha tidak berbeda dengan dengan bulan-bulan biasa lainnya. Dari sebagian pedagang menunggu sampai hewan yang dijualnya laku terjual untuk membayar retribusi.

"Tantangannya disitu dalam penarikan retribusi. Saya keliling dari pedagang ke pedagang untuk mengingatkan," pungkas Syahrin. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: