Akhir Tahun, 541 Anak Tidak Sekolah Ditargetkan Kembali Bersekolah

Akhir Tahun, 541 Anak Tidak Sekolah Ditargetkan Kembali Bersekolah

epala Seksi Pendidikan Masyarakat dan Kursus Werdiningsih.-DOK AAM/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas tahun ini fokus pada penuntasan program P3KE (Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem). Salah satunya indikatornya, penuntasan anak tidak sekolah (ATS). 

"Data P3KE, ada 1.274 ATS yang sudah di verfal. Dari SD, SMP, SMA, ponpes itu sudah didata dan divalidasi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono melalui Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat dan Kursus Werdiningsih. 

Werdiningsih menuturkan, dari data itu, terdapat 733 ATS yang sudah kembali ke sekolah. Sisanya tinggal 541 untuk ATS yang terdata di P3KE. 

BACA JUGA:Wow Keren, Gelaran Hiu Selatan Adventure Trail 2023 Diikuti 26 Rider Internasional dan 12 Ribu Rider Nasional

"Akhir tahun ini kita targetkan bisa semuanya kembali ke sekolah," ujarnya. 

Lebih lanjut dikatakan, penanganan anak tidak sekolah menjadi salah satu program prioritas. Untuk itu, pihaknya akan menggandeng pemerintah kecamatan, desa, dan juga lembaga pendidikan kesetaraan. 

"Kita juga akan manfaatkan kuota 3 persen PPDB untuk anak ATS. Kalau sekolah formal, harus sangat selektif," tuturnya. 

BACA JUGA:Satu Jemaah Haji Banyumas Kloter 73 Bingung Pulang Ke Hotel

Ditambahkan, salah satu upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas untuk menuntaskan ATS dengan memberikan motivasi secara personal. 

"Kita terus berikan motivasi kepada ATS agar mau kembali ke sekolah, keluarga dan lingkungannya juga turut kita motivasi," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: