Kelulusan SMP 100 Persen, Ini Pesan Tim MPS

Kelulusan SMP 100 Persen, Ini Pesan Tim MPS

Belajar : Siswa salah satu SMPN di Purbalingga saat belajar di luar sekolah.-DOK. AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADAR BANYUMAS.CO.ID- semua SMP di Kabupaten Purbalingga pada Kamis 8 Juni 2023 hari ini menetapkan kelulusan siswa kelas 9. Data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga 100 persen siswa SMP lulus dari sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga Tri Gunawan Setiadi menjelaskan, kelulusan siswa 100 perseb pada tahun ini menunjukkan kesungguhan semua pihak dalam menentukan salah satu hasil akhir pendidikan.

"Alhamdulillah semua lulus dan bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Kelulusan kami umumkan langsung di sekolahan atau tidak secara daring," katanya, Kamis 8 Juni 2023.

BACA JUGA:Target PBB P2 Tahun 2023 Tercapai 41,47 Persen, Ini Batas Pelunasannya

Tri Gunawan juga mengatakan mekanisme kelulusan ditentukan oleh internal sekolah. Yaitu melalui rapat kelulusan oleh guru dan kepala sekolah.

Person In Charge (PIC) Mageh Padha Sekolah (MPS) Kabupaten Purbalingga, Subeno meminta agar puluhan SMP yang ada di Kabupaten Purbalingga tetap mengalokasikan atau memperhatikan siswa yang berpotensi putus sekolah.

"Jadi siswa SMP yang berpotensi putus sekolah harus mendapat penanganan yang maksimal. Nanti dalam saat pendampingan akan dibantu oleh tim MPS Kabupaten Purbalingga," tegasnya.

Anak Berpotensi Putus Sekolah (ABPS) di Kabupaten Purbalingga jumlahnya diperkirakan 5 persen dari total siswa di sebuah sekolah. 

Data ABPS itu diminta untuk diinventarisir oleh tim MPS Kabupaten Purbalingga. Saat ini semua sekolah sedang mendata. 

"Juni ini data itu harus sudah masuk ke sekolah," rincinya.

Usai didapatkan data, kemudian dikompilasi sekolah, dianalisa sekolah. Sekolah langsung memberikan penanganan sendiri. "Jika sekolah merasa tidak mampu atau tidak  bisa menangani, maka bisa melapor  ke Pemerintah Kabupaten Purbalingga," ujarnya. (amr)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: