3 Ribu Tentara Jaga Akhir Tahun di Jateng Barat, Termasuk di Banyumas, Ini Penjelasan Korem 071/Wijayakusuma

3 Ribu Tentara Jaga Akhir Tahun di Jateng Barat, Termasuk di Banyumas, Ini Penjelasan Korem 071/Wijayakusuma

Danrem 071Wijayakusuma, Kolonel Inf Yudha Airlangga --

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 nanti. Ribuan personel dari Komando Resor Militer (Korem) 071 / Wijayakusuma akan diterjunkan untuk bersiaga di sejumlah lokasi vital dan ruas jalan di Jawa Tengah bagian Barat. 

Korem 071 / Wijayakusuma yang membawahi 9 Kodim di daerah Jawa Tengah bagian Barat itu akan menerjungkan tiga ribu personil untuk melaksanakan pengamanan selama libur natal 2022 dan tahun baru 2023.

Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Yudha Airlangga mengungkapkan, jika pengamanan itu dilakukan untuk membantu Pemda dan Polri. 

"Kita sudah melaksanakan perencanaan tentunya, kemudian persiapan kita sudah melaksanakan apel gabungan TNI Polri dan Pemda untuk mengecek kesiapan personil maupun materil," ungkapnya, Kamis (15/12). 

Kemudian seluruh Kodim, dari 9 Kodim yang dibawahi, Danrem 071 melanjutkan, sebagian besar telah melaksanakan gelar pasukan apel gabungan untuk pengamanan. 

Adapun sejumlah objek vital dan ruas jalan yang akan menjadi prioritas pengamanan ialah jalur Selatan dan Jalur Utara di Brebes. 

"Untuk di jalur selatan kita melaksanakan pengamanan rute membantu Polri dan Pemda, mulai dari perbatasan Cilacap sampai dengan wilayah kami perbatasan pantai Ayah. Kemudian Jalur utara Brebes sampai dengan Kabupaten Batang, disitu ada brexit yang kita antisipasi," terangnya. 

Dengan membentuk posko gabungan dan menyiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. 

Termasuk pengamanan objek vital strategis seperti Pertamina, kawasan Industri di Batang dan gereja-gereja selama pelaksanaan ibadah natal. 

Selain itu, beberapa Kodim dan Koramil juga akan dijadikan sebagai rest area. 

"Beberapa Kodim dan Koramil juga kita jadikan rest area seandainya ada yang ingin mampir istirahat kita silahkan. Ini kita laksanakan sesuai dengan petunjuk bapak Panglima TNI dan bapak KASAD," jelasnya. 

Terdapat 3 ribu personeI yang akan diterjunkan dalam pengamanan selama Nataru itu. 

"Intinya kita sudah siap untuk membantu Pemerintah dan Polri, untuk personil ada 3 ribuan, itu tersebar di wilayah 9 Kodim," pungkasnya. (win).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: