Kapal Wisata Sungai Serayu Bisa untuk Transportasi

Kapal Wisata Sungai Serayu Bisa untuk Transportasi

Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Taryono memantau Halte Sungai Serayu Desa Papringan yang terendam luapan air Sungai Serayu, Kamis (13/10).-foto : Dinhub Kabupaten Banyumas untuk Radar Banyumas- Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Taryono memantau Halte Sungai Serayu Desa Papringan yang terendam luapan air Sungai Serayu, Kamis -

PURWOKERTO- Pengadaan kapal wisata Sungai Serayu di Kabupaten Banyumas, tidak hanya digunakan untuk wisata susur Sungai Serayu. Namun bisa digunakan sebagai alat transportasi air.

"Sesuai tujuan awal dibuat transportasi air, untuk konektivitas wilayah melalui jalur alternatif transportasi sungai," papar Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Taryono.

Dia mengatakan, untuk pengelolaan wisata Sungai Serayu, Pemkab Banyumas melakukan study banding ke Surabaya. Dinilai memiliki berpengalaman mengelola wisata air.

"Kami amati dan coba tiru yang bisa dan pas diterapkan di Sungai Serayu," katanya.

Selain itu, menentukan tarif kapal wisata. Menyesuaikan kapasitas, bahan bakar, dan jarak tempuh kapal. Kemungkinan setiap kapal berbeda.

Taryono mengharapkan, tahun ini mengenai perijinan kapal wisata Sungai Serayu selesai. Di mana dari Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X, alan mengukur kapal dan kelayakan operasional. Kemudian dari Dinhub  Banyumas mengirim bekas sesuai persyaratan ke Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan. Setelah itu terbit sertifikat kapal.

"Mudah-mudahan selesai tahun ini, jadi 2023 bisa siapkan anggaran penyediaan SDM, terutama untuk nahkoda," ujarnya.

Proses penyediaan SDM juga tidak sembarangan. Harus memenuhi persyaratan kualifikasi dan kompetensi. Dibuktikan dengan Sertifikat Kecakapan Awak Kapal, yang diperoleh melalui Uji kompetensi Awak Kapal Sungai dan Danau. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: