Honda

Puncak Gelar Desa Wisata Jawa Tengah, Siapkan 40 Kg Buah Naga

Puncak Gelar Desa Wisata Jawa Tengah, Siapkan 40 Kg Buah Naga

Pengunjung petik buah naga sendiri di kebun, Rabu (23/11). Kebun buah naga merupakan salah satu Pokja Desa Wisata Kreatif Pekunden. Fijri/Radarmas--

BANYUMAS-Pokja kebun buah naga Desa Wisata Kreatif Pekunden Kecamatan Banyumas menyiapkan sebanyak 40 kilogram buah naga untuk dipajang di stand Puncak Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 di Gerbang Gajah Desa Wisata Kembanglimus Kabupaten Magelang.

"Selain buah naga, kita juga bawa bibitnya ke Magelang untuk pembuktian," kata pemilik kebun buah naga Sutrisno, Rabu (23/11).

BACA JUGA:Penyaluran Bansos Kemensos Di Kota Purwokerto Dijadwal Satu Hari, Sudahkah Menerima?

Bibit tidak hanya yang siap tanam. Rencananya, batang yang terdapat buah naga matang juga dipajang di stand Puncak Gelar Desa Wisata Jawa Tengah.

Sutrisno menceritakan setelah Pekunden masuk nominasi sepuluh besar. Terdapat kunjungan dari kabupaten tetangga karena penasaran.

"Ada apa sebenarnya di Pekunden bisa masuk sepuluh besar," ujar Sutrisno menirukan pengunjung.

BACA JUGA:10 Ruangan di Komplek Pendopo Banyumas Mangkrak, Kini Lagi Dibenahi

Pekunden bukan mengandalkan pesona alam yang dipoles untuk wisata. Tapi, Pekunden mengusung kreativitas dan pemberdayaan masyarakat yang dikemas menjadi wisata.

Destinasi wisata bahkan sudah berjalan jauh sebelum terbentuknya kelompok sadar wisata (pokdarwis). Oleh karena itu, Pekunden memiliki keunggulan.

BACA JUGA:Dinnaker dan Dewan Pengupahan Belum Lakukan Pertemuan, Tentukan UMK Purbalingga Tahun 2023

"Kebun buah naga, kampung nopia dan pokja lain, kita sudah berjalan, bukan dadakan apalagi mengada-ada. Kreativitas warga yang jadi wisata," tutup Sutrisno. (fij)

Sumber: