Nama Pendopo Duplikat Si Panji Kecamatan Banyumas Diubah, Ini Nama Barunya

Nama Pendopo Duplikat Si Panji Kecamatan Banyumas Diubah, Ini Nama Barunya

Peserta rapat koordinasi mengangkat tangan tanda setuju perubahan nama Pendopo Kecamatan Banyumas, Minggu (28/8). Secara aklamasi diperoleh nama Pendopo Adipati Mrapat. -Fijri Rahmawati Radar Banyumas-

BANYUMAS-Semua peserta rapat koordinasi sepakat untuk mengganti nama Pendopo Duplikat Si Panji Kecamatan Banyumas, Minggu (28/8). Secara aklamasi nama diubah menjadi Pendopo Adipati Mrapat.

Camat Banyumas Oka Yudhistira Pranayuda menyampaikan perubahan nama pendopo berdasarkan berbagai pertimbangan. Diantaranya, dari bertemu orang dan pengalaman rapat di pendopo.

"Banyak yang mengusulkan bahwa pendopo jangan sama atau ada duplikatnya. Karena masyarakat Banyumas percaya bahwa pendopo yang asli tempatnya di Banyumas. Walaupun pendoponya sudah ada di Purwokerto," papar Oka Yudhistira.

BACA JUGA:Nama Baru Pendopo Adipati Mrapat di Kota Lama Banyumas, Ini Kata Profesor Sugeng

Lalu, kalaupun nama pendopo adalah duplikat Si Panji. Maka duplikatnya harus hilang. Sehingga, bernama duplikat Si Panji Kecamatan.

Namun, pada prakteknya banyak sekali undangan yang salah alamat. Ada undangan di Pendopo Si Panji Kecamatan Banyumas tetapi undangannya ke Purwokerto.

"Akhirnya, saya komunikasi dengan Profesor Sugeng dan para sesepuh, Pak Sudarmaji, lahirlah acara hari ini, Camat hanya mengakomodasi dan mempertemukan sesepuh, akademisi, budayawan," terang Oka Yudhistira.

Dalam acara yang melibatkan kepala desa, Koramil dan Polsek itu muncul enam usulan nama pendopo. Masing-masing usulan mempunyai alasan historis. Hingga mengerucut menjadi tiga, Peodjadi, Yudhanegara 2 dan Adipati Mrapat.

Lebih lanjut, Oka Yudhistira menjelaskan setelah acara rampung akan membuat nota dinas ke Bupati tembusan ke Dinpora, Aset, Kesra.

Ketika Bupati Banyumas sepakat maka Camat melayangkan surat ke bagian kesra. Agar membuat surat ke seluruh OPD, BUMN dan BUMD bahwa Pendopo Duplikat Si Panji sudah berganti nama menjadi Pendopo Adipati Mrapat. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: