Awas, Banjir Rob di Wilayah Pesisir Jateng

Awas, Banjir Rob di Wilayah Pesisir Jateng

Sejumlah nelayan di Cilacap menanggalkan kapalnya. -RAYKA/RADARMAS-

RBANYUMAS, CILACAP - Fenomena bulan purnama yang hampir bersamaan dengan supermoon akan terjadi pada tanggal 10 Agustus 2022. 

Kondisi dimana perigee atau jarak terdekat bulan dengan bumi akan terjadi ini, ternyata akan berpengaruh terhadap peningkatan ketinggian pasar air laut maksimum yang lebih signifikan. 

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Feriharti Nugrohowati, mengatakan, potensi banjir rob tersebut berpotensi hingga 17 Agustus 2022 mendatang.

BACA JUGA:Sampai Agustus, Angka Kematian Ibu dan Bayi Capai 54 Kasus, Ini Data Terbaru 

"Potensi rob terjadi karena adanya fenomena fase Bulan Purnama yang bersamaan dengan perigee atau jarak terdekat bulan dengan bumi pada 10 Agustus 2022," katanya. 

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, wilayah pesisir yang terdampak yakni selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta.

BACA JUGA:Warga Purbalingga Kidul Ditemukan Meninggal Saat Membersihkan Kebun di Kaligondang

Meski potensi banjir rob ini berbeda waktu, hari dan jam di setiap wilayah. Namun, secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: