Kenali Tanda-tanda Abusive Relationship yang Dapat Menganggu Kesehatan Mental

Kenali Tanda-tanda Abusive Relationship yang Dapat Menganggu Kesehatan Mental

Abusive Relationship-Indah Citra-

BACA JUGA:Mengenal Sigma Male Serta Berbagai Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental

Mereka mungkin mencoba memisahkan korban dari keluarga, teman, atau jaringan dukungan lainnya dengan cara yang halus atau langsung. 

Isolasi sosial dapat menyebabkan perasaan kesepian, putus asa, dan terisolasi, yang semuanya berdampak buruk pada kesehatan mental seseorang.

6. Siklus Kekerasan

Hubungan abusive seringkali melibatkan pola siklus kekerasan yang terus berulang. 

Setelah kejadian kekerasan, abuser seringkali menunjukkan penyesalan atau permintaan maaf yang diikuti dengan periode kedamaian atau penyejukan. 

Namun, ini kemudian diikuti dengan meningkatnya ketegangan dan kemungkinan kekerasan berulang. 

Siklus ini dapat menyebabkan tingkat stres dan kecemasan yang tinggi pada korban.

7. Penolakan Tanggung Jawab

Abuser seringkali menolak untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka dan cenderung menyalahkan korban atau faktor eksternal lainnya untuk perilaku mereka yang merugikan. 

Penolakan tanggung jawab semacam ini dapat membuat korban merasa tidak valid dan menghambat proses penyembuhan kesehatan mental.

Dan dengan mengenali tanda-tanda hubungan yang abusive pun menjadi langkah yang penting untuk melindungi kesehatan mental dan keselamatan diri sendiri. 

Jika ada seseorang yang Anda kenal mengalami situasi ini, penting untuk mencari bantuan dari sumber dukungan yang tepat, seperti keluarga dan teman. (ctr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: