Diskriminasi Sosial Bisa Jadi Penyebab Gangguan Kesehatan Mental lho!

Diskriminasi Sosial Bisa Jadi Penyebab Gangguan Kesehatan Mental lho!

Diskriminasi Sosial, Bisa Jadi Penyebab Gangguan Kesehatan Mental lho!-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bagi individu yang menjadi sasaran diskriminasi dapat menjadi penyebab gangguan kesehatan mental mereka. Stigma sosial dan diskriminasi dapat memperburuk masalah yang dihadapi dan pemulihan atau kesembuhan menjadi lebih sulit. 

Pengalaman diskriminasi berkaitan dengan berbagai gangguan kesehatan mental, termasuk depresi, kecemasan, dan stres. Pada tingkat yang lebih parah, diskriminasi dapat merugikan diri sendiri dan bahkan tindakan bunuh diri.

Penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan dampak negatif diskriminasi terhadap kesehatan mental individu. Hal ini membutuhkan upaya bersama untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung. 

Dampak Diskriminasi yang Berbahaya

1. Munculnya rasa malu, putus asa dan isolasi

Diskriminasi memiliki dampak yang serius terhadap kesehatan mental individu. Salah satu dampak berbahaya yang muncul dari pengalaman diskriminasi adalah munculnya perasaan malu, putus asa, dan terisolasi.

BACA JUGA:Manfaat Tadarus Al Quran Bagi Kesehatan Mental

BACA JUGA:Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Mental

Perasaan malu sering kali muncul karena individu merasa direndahkan atau dianggap rendah nilainya oleh orang lain karena ciri-ciri tertentu yang menjadi sasaran diskriminasi. 

Selain itu, perasaan putus asa sering kali muncul karena individu merasa tidak memiliki kendali atas situasi yang membuat mereka menjadi target diskriminasi. Mereka mungkin merasa tidak ada harapan untuk perubahan atau perbaikan.

Terisolasi adalah dampak lain yang sering kali muncul dari pengalaman diskriminasi. Individu yang menjadi korban diskriminasi cenderung merasa terpisah dari masyarakat atau kelompok tertentu karena takut menjadi sasaran lagi.

2. Menimbulkan Keengganan untuk Mencari Bantuan

Diskriminasi bukan hanya sebuah masalah sosial, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan mental individu. Salah satu dampak yang sering kali terjadi adalah keengganan untuk meminta bantuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: