5 Manfaat Menonton Drakor untuk Kesehatan Mental

5 Manfaat Menonton Drakor untuk Kesehatan Mental

Manfaat menonton drakor untuk kesehatan mental -Psychology Today-

BACA JUGA:Manfaat Nonton Film Komedi untuk Menjaga Kesehatan Mental

Saat Anda menonton tayangan hiburan, tubuh akan melepaskan hormon dopamin dan endorfin. Kedua hormon tersebut berperan dalam meningkatkan suasana hati Anda, membawa perasaan bahagia dan nyaman, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi tingkat stres yang Anda rasakan. 

Dengan demikian, menonton drama Korea bukan hanya sebagai aktivitas santai, tetapi juga sebagai metode sederhana namun efektif untuk mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, menonton drama Korea juga dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk melarikan diri sejenak dari kehidupan sehari-hari yang mungkin penuh dengan tekanan dan tuntutan. 

3. Meringankan Masalah Psikologis

Manfaat menonton drakor untuk kesehatan mental yang berikutnya yaitu meringankan masalah psikologis. Menonton film telah menjadi salah satu metode tambahan dalam terapi untuk membantu individu yang menghadapi masalah psikologis, termasuk gangguan kecemasan, depresi, gangguan panik, fobia sosial, gangguan makan, dan trauma. 

BACA JUGA:Manfaat Kiwi yang Ternyata Mampu Meningkatkan Kesehatan Mental

BACA JUGA:Manfaat Curhat untuk Kesehatan Mental

Aktivitas ini mampu memberikan pengalihan pikiran yang diperlukan, menyediakan jeda dari kondisi kesehatan mental yang mungkin mengganggu, serta memberikan kesempatan untuk meresapi narasi yang menginspirasi.

Selain itu, menonton film juga dapat membantu mengalihkan pikiran dari kondisi kesehatan mental tertentu, seperti dermatillomania. Aktivitas ini memberikan kesempatan untuk menikmati pengalaman sinematik yang memicu emosi positif dan membawa pengalihan dari kebiasaan yang merugikan.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Apakah Anda merasa kurang percaya diri saat berbicara di depan umum atau bertemu orang baru? Salah satu solusi yang dapat Anda coba adalah menonton drama Korea atau film yang menampilkan tokoh atau karakter dengan masalah serupa dengan yang Anda alami. 

Dalam situasi ini, melihat karakter tersebut berjuang menghadapi dan mengatasi masalah mereka dapat membantu Anda membayangkan diri Anda melakukan hal yang sama. Secara tidak langsung, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam menghadapi tantangan yang serupa.

BACA JUGA:Manfaat Musik Jazz Bagi Kesehatan Mental

BACA JUGA:Manfaat dari Penggunaan Skincare yang Baik untuk Kesehatan Mental

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: