Pengaruh Tidur untuk Kesehatan Mental

Pengaruh Tidur untuk Kesehatan Mental

Beberapa pengaruh tidur untuk menjaga kesehatan mental agar tetap stabil.-Fahma Ardiana-

Hubungan langsung antara kedua penyakit ini masih belum sepenuhnya dipahami. Namun tidur yang cukup dan berkualitas dikatakan dapat meningkatkan ketahanan mental dan emosional seseorang.

Di sisi lain, kurang tidur diketahui membuat orang berpikir negatif dan rentan secara emosional. 

Dalam proses tidur, ada empat fase yang dilalui tubuh sebelum akhirnya tertidur sempurna. Ketika tubuh Anda mencoba untuk tidur, suhu tubuh Anda turun, otot-otot Anda rileks, dan detak jantung serta pernapasan Anda melambat.

Tahap terdalam ini mengakibatkan perubahan fisiologis yang kemudian mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Ada juga kategori tidur REM (Rapid Eye Movement), yaitu saat seseorang sedang bermimpi.

BACA JUGA:Manfaat Nonton Film Komedi untuk Menjaga Kesehatan Mental

BACA JUGA:Tips Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

 

Selama tahap ini, suhu tubuh, tekanan darah, detak jantung, dan laju pernafasan meningkat hingga sesuai dengan keadaan terjaga. REM meningkatkan pembelajaran dan memori serta berkontribusi terhadap kesehatan mental dengan cara yang kompleks.

Para ilmuwan masih mencoba mencari tahu hubungan pasti antara tidur dan kesehatan mental. Selama ini kita mengetahui bahwa gangguan tidur dapat mempengaruhi hormon stres dan menimbulkan kerusakan pada otak, mengganggu proses berpikir dan mengganggu proses pengaturan emosi.

Hal inilah yang dikatakan menjadi alasan mengapa gangguan tidur meningkatkan dampaknya terhadap kesehatan mental dan sebaliknya.

Anda dapat mulai mengobati gangguan tidur Anda untuk mencegah kesehatan mental Anda memburuk. Perawatan gangguan tidur dapat membantu mengurangi gejala masalah kesehatan mental.

Salah satu pilihan untuk dicoba adalah mengubah gaya hidup Anda. Pada dasarnya, pola hidup sehat akan meningkatkan kualitas tidur Anda dan kesehatan mental Anda juga akan lebih terjaga.

Pola hidup sehat yang dapat dilakukan antara lain dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, berolahraga secara teratur, membatasi asupan gula dengan mengurangi asupan jajanan manis, mengelola stres, dan mengatur jadwal tidur yang baik.

Mematikan lampu di kamar tidur sebelum tidur dan menghindari perangkat juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu mencegah insomnia.

Itulah dia beberapa pengaruh tidur untuk kesehatan mental agar tetap stabil. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: