6 Gangguan Kesehatan Mental Paling Langka yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

6 Gangguan Kesehatan Mental Paling Langka yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Gangguan Kesehatan Mental Paling Langka-Parade-

BACA JUGA:Makanan untuk Membantu Atasi Gejala Gangguan Kesehatan Mental OCD

BACA JUGA:Sering Merasa Bersalah: Gejala Gangguan Kesehatan Mental yang Perlu Diketahui

Sebelumnya, banyak ilmuwan mengasumsikan bahwa BIID merupakan jenis fetish seksual atau bentuk psikosis, namun penelitian yang lebih baru menggambarkan BIID sebagai sebuah masalah identitas. Diperkirakan, BIID disebabkan oleh kerusakan kongenital pada lobus parietal, bagian otak yang bertanggung jawab atas sensasi, persepsi, dan integrasi input sensorik.

3. Sindrom Alice in Wonderland

Orang yang mengalami sindrom Alice in Wonderland melihat dunia dengan cara yang tidak biasa saat mereka dewasa. Sindrom ini membuat penderitanya merasa bahwa diri mereka sendiri atau benda-benda di sekitarnya menjadi lebih besar atau lebih kecil dari seharusnya.

Mereka juga mengalami distorsi jarak dan melihat garis lurus menjadi berkelok-kelok. Pada anak-anak, sindrom ini biasanya disebabkan oleh peradangan otak, sementara pada orang dewasa, sering kali dipicu oleh migrain. 

Pengobatan untuk sindrom ini dapat beragam, dan sekitar 50 persen pasien dapat sembuh dengan pengobatan.

BACA JUGA:Mengapa Pisang Dapat Membantu Penderita Gangguan Kesehatan Mental Anxiety, Begini Penjelasannya!

BACA JUGA:Pencegahan dan Pengobatan Gangguan Kesehatan Mental Mood Disorder

4. Sindrom Stendhal

Jenis gangguan kesehatan mental paling langka yang selanjutnya yaitu sindrom stendhal. Sindrom Stendhal adalah kondisi langka di mana seseorang mengalami reaksi fisik yang keras hingga berpotensi mengancam jiwa saat melihat karya seni. 

Gejala-gejalanya termasuk pusing, detak jantung yang cepat, halusinasi, kebingungan, dan kelelahan. 

Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, banyak psikiater mengaitkan kondisi ini dengan tekanan psikologis yang dirasakan seseorang saat menyadari keberadaannya di kota yang memiliki sejarah seni yang sangat kaya. Dalam perawatan sindrom ini, dokter sering menyarankan pasien untuk segera meninggalkan Florence, Italia, karena kota tersebut dipenuhi dengan karya seni dari zaman Renaisans.

5. Sindrom Gardner Diamond

Memar yang timbul secara tiba-tiba mungkin terdengar seperti masalah fisik biasa daripada tanda gangguan kesehatan mental. Namun, pada orang dengan sindrom Gardner Diamond, memar bisa muncul sebagai respons terhadap stres. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: