Ini 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami saat Lebaran, Jomblo Harap Waspada!

Ini 5 Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami saat Lebaran, Jomblo Harap Waspada!

Gangguan Kesehatan Mental yang Sering Dialami saat Lebaran-University of Reading Weblongs-

Persiapan Lebaran seringkali memicu masalah finansial bagi banyak orang, termasuk para jomblo. Biaya untuk membeli hadiah atau memberi uang saku kepada kerabat dapat menimbulkan tekanan yang besar pada kesehatan mental, terutama jika seseorang memiliki keterbatasan finansial.

BACA JUGA:Komplikasi Gangguan Kesehatan Mental Bisa Sebabkan Anti Sosial

BACA JUGA:Benarkah Trauma Masa Kecil Berisiko Terkena Gangguan Mental

Ketidakmampuan untuk memenuhi harapan atau ekspektasi sosial dapat menimbulkan perasaan cemas, khawatir, dan ketidakpastian tentang masa depan keuangan seseorang. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan emosional dan menyebabkan stres yang berkepanjangan selama periode perayaan Lebaran.

Tips Mengatasinya:

Buatlah anggaran yang realistis untuk perayaan Lebaran dan berusaha untuk tetap berpegang pada anggaran tersebut. Ingatlah bahwa kebahagiaan tidak selalu terkait dengan hadiah yang mahal. 

Cobalah untuk fokus pada momen-momen bersama dengan orang-orang terdekat, daripada terlalu memikirkan uang.

5. Perbandingan di Sosial Media

Media sosial seringkali menjadi sumber perbandingan yang tidak sehat, terutama saat Lebaran. Melihat foto-foto teman atau keluarga yang bahagia dalam perayaan mereka dapat memicu perasaan rendah diri dan kecemasan pada para jomblo.

BACA JUGA:KDRT: Penyebab Gangguan Mental yang Berbahaya

BACA JUGA:Cara Mengatasi Gejala Gangguan Kesehatan Mental Kesulitan Berkonsentrasi

Perbandingan semacam itu dapat membuat mereka merasa kalah atau kurang dihargai karena tidak memiliki pasangan atau keluarga yang sama untuk merayakan momen tersebut. Selain itu, tekanan untuk menampilkan citra kebahagiaan yang sempurna di media sosial juga bisa meningkatkan kecemasan dan stres emosional.

Tips Mengatasinya: 

Batasi waktu Anda di media sosial selama perayaan Lebaran. Ingatlah bahwa apa yang Anda lihat di media sosial hanyalah bagian kecil dari kehidupan orang lain. Jangan terlalu membandingkan kehidupan Anda dengan yang ditampilkan di media sosial.

Dengan memahami dan mengenali gangguan kesehatan mental yang sering dialami saat Lebaran, kita dapat lebih siap untuk menghadapinya dengan bijaksana. (amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: