Makanan untuk Membantu Atasi Gejala Gangguan Kesehatan Mental OCD

Makanan untuk Membantu Atasi Gejala Gangguan Kesehatan Mental OCD

Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi gejala gangguan kesehatan mental OCD-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:Pengertian serta Gejala Gangguan Kesehatan Mental ADHD

BACA JUGA:Manfaat Mengonsumsi Matcha untuk Kesehatan Mental

Perawatan Mandiri Sederhana untuk Pasien OCD

Meskipun pengobatan dan terapi adalah cara utama untuk mengobati OCD, perawatan mandiri dapat menjadi langkah efektif dalam mengurangi gejala yang lebih parah.

Di bawah ini adalah beberapa tips perawatan diri sederhana yang dapat ditawarkan oleh penderita OCD.

1. Makan Sehat Secara Teratur

Saat hidup dengan OCD, makan sehat secara teratur adalah langkah pertama menuju perawatan diri. Saat kita lapar, kadar gula darah kita turun. Hal ini bisa membuat kita menjadi pemarah dan lelah.

Mulailah setiap hari dengan sarapan pagi dan usahakan untuk lebih sering mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, daripada makan banyak pada siang dan malam hari. Ada juga beberapa makanan seperti:

• Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan nutrisi yang menyehatkan.

• Protein seperti telur, kacang-kacangan, dan daging yang secara perlahan mengisi kembali energi tubuh Anda untuk menjaga keseimbangan.

• Karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, yang membantu menjaga kestabilan kadar gula darah.

Selanjutnya, harap hindari kafein dan stimulan yang terdapat pada teh, kopi, soda, dan minuman berenergi karena dapat meningkatkan kecemasan.

2. Hindari Alkohol dan Tembakau

Mungkin Anda tergoda untuk menghindari OCD dengan alkohol atau rokok, namun ini adalah pemicu yang tersembunyi. Minum alkohol mungkin tampak mengurangi kecemasan Anda, namun sebenarnya justru meningkatkan kecemasan Anda bahkan sebelum alkohol meninggalkan sistem Anda. Hal yang sama berlaku untuk nikotin, stimulan yang ditemukan dalam rokok.

3. Tidur yang cukup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: