Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Mental pada Mahasiswa

Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Mental pada Mahasiswa

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan mental yang terjadi di kalangan mahasiswa atau pelajar.-Fahma Ardiana-

Luangkan waktu untuk menghilangkan stres, melakukan sesuatu yang menyenangkan, atau mengalihkan pikiran Anda dari hal lain.

Misalnya menonton film, menggambar, mendengarkan musik. Selain itu, meditasi juga merupakan cara yang bagus untuk menenangkan pikiran Anda.

4. Menetapkan Tujuan

Masalah kesehatan mahasiswa dapat membuat tugas-tugas kecil tampak sulit dan mustahil. Jadi jangan memaksakan diri terlalu keras.

BACA JUGA:6 Kesalahan Keluarga Saat Ada yang Terkena Gangguan Kesehatan Mental, Jangan Sampai Keliru Bisa Makin Parah

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

Mulailah dengan membuat daftar tugas yang dapat dicapai dan realistis, sekecil apa pun. Misalnya saja merapikan kamar atau menulis esai.

5. Istirahat yang Cukup

Pertahankan ritme tidur yang teratur. Pasalnya, jadwal tidur yang teratur lebih bermanfaat dibandingkan menghabiskan waktu tidur lebih banyak.

Jadi usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Jika Anda kesulitan untuk mengikuti, cobalah mendengarkan musik yang menenangkan Anda dan membantu Anda tertidur lebih cepat.

BACA JUGA:Faktor yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan Mental pada Remaja

BACA JUGA:Inilah Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental pada Remaja

Bentuk Dukungan dari Orang Tua

Dalam hal ini, peran orang tua atau guru sangat penting dalam memenuhi kebutuhan kesehatan mental dan akademik mahasiswa.

Berikut adalah beberapa tips untuk orang tua membantu menangani masalah kesehatan mental pada mahasiswa:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: