15 Tanda Gangguan Kesehatan Mental pada Anak yang Perlu Diwaspadai

15 Tanda Gangguan Kesehatan Mental pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Tanda Gangguan Kesehatan Mental pada Anak-Berkeluarga.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tanda gangguan kesehatan mental pada anak tentu berbeda-beda tergantung jenis penyakitnya, namun terdapat beberapa gejala umum terjadi. 

Gangguan kesehatan mental pada anak adalah masalah yang penting dan membutuhkan perhatian serius dari orangtua, guru, dan masyarakat umum. Dengan memahami tanda-tanda gangguan tersebut, diharapkan kita semua dapat memberikan bantuan serta dukungan yang sesuai bagi anak-anak yang memerlukan.

Jadi, apa saja yang menjadi tanda gangguan kesehatan mental pada anak. Berikut 15 tanda yang perlu diwaspadai, khususnya untuk orang tua. 

15 Tanda Gangguan Kesehatan Mental pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Mengetahui tanda-tanda ini dapat membantu dalam deteksi dini dan penanganan yang tepat. Berikut adalah beberapa tanda gangguan kesehatan mental yang perlu diwaspadai:

BACA JUGA:Pengaruh Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak

BACA JUGA:Langkah Menghindari Gangguan Kesehatan Mental dalam Proses Belajar Anak

1. Penyalahgunaan Obat-obatan dan Alkohol

Anak yang mengalami masalah mental sering kali mencoba mengatasi masalahnya dengan menggunakan obat-obatan atau alkohol sebagai pelarian. Penyalahgunaan zat-zat tersebut dapat menjadi tanda adanya masalah yang lebih dalam.

2. Perubahan Nyata pada Perilaku, Suasana Hati, Kepribadian, atau Kebiasaan Tidur Anak

Perubahan drastis dalam perilaku, suasana hati, kepribadian, atau pola tidur anak bisa menjadi indikasi adanya masalah mental. Misalnya, anak yang biasanya ceria tiba-tiba menjadi pendiam atau mengalami gangguan tidur yang signifikan.

3. Kekhawatiran atau Kecemasan yang Berlebihan Bersamaan dengan Jantung Berdebar Kencang

Anak-anak dengan masalah kecemasan sering mengalami kekhawatiran yang berlebihan, disertai dengan gejala fisik seperti jantung berdebar kencang. Mereka mungkin merasa gelisah atau takut tanpa alasan yang jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: