15 Tanda Gangguan Kesehatan Mental pada Anak yang Perlu Diwaspadai

15 Tanda Gangguan Kesehatan Mental pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Tanda Gangguan Kesehatan Mental pada Anak-Berkeluarga.id-

Penurunan tajam dalam prestasi akademik anak, terutama jika terjadi secara tiba-tiba, bisa menjadi tanda gangguan kesehatan mental pada anak. 

10. Menghindari Masuk Sekolah atau Kerap Bolos Sekolah

Anak yang sering menghindari sekolah atau kerap bolos sekolah mungkin mengalami masalah seperti kecemasan sekolah atau bullying, yang dapat berkontribusi pada masalah kesehatan mental.

11. Hilangnya Minat pada Aktivitas yang Biasanya Mereka Sukai

Anak yang tiba-tiba kehilangan minat pada aktivitas yang biasanya mereka sukai mungkin mengalami depresi atau kehilangan minat yang disebabkan oleh gangguan mental lainnya.

12. Mengalami Halusinasi

Anak-anak yang mengalami halusinasi, yaitu mendengar suara-suara atau melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada, memerlukan perhatian medis segera.

BACA JUGA:Tak Sekadar Berkeringat, Ini Gejala Gangguan Kecemasan Pada Pria yang Sering Diabaikan

BACA JUGA:Mengenal Ciri-Ciri Terkena Gangguan Kesehatan Mental Anxiety

13. Kekhawatiran atau Ketakutan yang Terus-menerus

Anak yang selalu khawatir atau takut bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi pada diri mereka sendiri atau orang yang mereka cintai mungkin mengalami gangguan kecemasan.

14. Ledakan Kemarahan yang Sering

Anak-anak dengan masalah mental sering mengalami ledakan kemarahan yang tidak proporsional terhadap situasi yang memicunya.

15. Sering Menentang Aturan

Sikap yang sering menentang aturan atau otoritas bisa menjadi tanda gangguan kesehatan mental pada anak, terutama jika perilaku tersebut terjadi secara konsisten dan tidak bisa dijelaskan dengan faktor lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: