Mengenal Art Therapy dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental

Mengenal Art Therapy dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental

Mengenal tentang Art Therapy serta manfaatnya bagi kesehatan mental -Pinterest -

Manfaat Art Therapy Bagi Kesehatan Mental

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan 

Art therapy merupakan metode yang efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Melalui proses menciptakan seni, dengan metode ini seseorang bisa mengalihkan perhatian dari pikiran negatif atau stresor eksternal. 

Aktivitas kreatif ini juga akan membantu dalam merilekskan pikiran dan tubuh, mengurangi ketegangan yang terkait dengan stres dan kecemasan.

Terapis seni dapat membimbing kalian dalam mengekspresikan emosi melalui seni, dan memberikan ruang yang aman untuk mengatasi perasaan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

2. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi 

Art therapy juga dapat meningkatkan keterampilan komunikasi seseorang. Proses kreatif dalam art therapy memberikan alternatif yang lebih non-verbal untuk berkomunikasi dengan diri sendiri dan terapis. 

Melalui seni, seseorang bisa mengekspresikan perasaan, pikiran, dan pengalaman mereka tanpa harus mengandalkan kata-kata.

Ini akan membantu seseorang yang mungkin merasa kesulitan dalam berbicara tentang masalah mereka untuk merasa lebih nyaman dalam berkomunikasi. 

Selain itu, bekerja dengan terapis seni memperkenalkan pola komunikasi yang sehat dan mendukung, membantu individu membangun keterampilan komunikasi interpersonal yang lebih baik secara keseluruhan.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Self Reward Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

BACA JUGA:Tantangan Kesehatan Mental yang Dialami Oleh Gen Z

3. Memfasilitasi Pengolahan Trauma

Art therapy memiliki peran yang signifikan dalam memfasilitasi pengolahan trauma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: